Cilacap Wujudkan Pelajar Merdeka Belajar dan Guru Merdeka Mengajar

Teropong Indonesia (Cilacap)-, Pendidikan merupakan suatu komponen penting dalam upaya mencerdaskan generasi masa depan bangsa. Seperti yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Cilacap harus dapat mendorong agar semua anak-anak dapat mengenyam pendidikan.

“Kita semua harus mendorong anak-anak kita bisa merdeka belajar dan para guru bisa merdeka mengajar. Hal ini bertujuan sangat baik seperti pepatah Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani yaitu didepan memberi contoh, disamping mendampingi dan membimbing, dibelakang kita mendorong,” ucap Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar dalam amanatnya pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2023.

Dalam Upacara Peringatan yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (03/05/2023) tersebut, Pj. Bupati juga berpesan kepada seluruh masyarakat dan juga murid ataupun guru untuk terus berkarya dan berkreasi.

“Maka kalau ada diantara teman-teman kita, murid-murid kita, guru-guru kita, jika ada orang yang mampu dan kompeten maka kita harus dorong. Dorong untuk kemajuan Kabupaten Cilacap tercinta,” kata Pj. Bupati.

Selain itu, Pj. Bupati juga menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim yaitu bahwa sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama. Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

Baca Juga :  Umroh Via Bandara Soedirman Lebih Murah Daya Tarik Penerbangan Reguler

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” terangnya.

Diibaratkan bahwa para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia. Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati juga menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada 6 siswa dan siswi yang masing-masing berhasil meraih Juara 1,2 dan 3 dalam Pemilihan Siswa Berprestasi Tahun 2023 di Tingkat Kabupaten Cilacap. Pada kategori putra, yang berhasil mendapatkan Juara I yaitu Muhammad Fatih Aluntio dari SD Al Irsyad 01 Cilacap, Juara II Atharizz Rafif Alkhalifi dari SD Negeri Adiraja 01, dan Juara III Rasyat Arsil Wahtudi dari SD Negeri Tritih Wetan 01.

Kemudian untuk Kategori Putri, yang berhasil mendapatkan Juara I yaitu Fairuz Izza Mufida dari SD Islam Al Azhar 16, Juara II Anggrek Bulan Harimi Mecca dari SD Negeri Gumilir 02, dan Juara III Hanna Khairunnisa dari SD Al Irsyad 01 Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *