Targetkan Cilacap Sebagai Kemilau Jawa 2045, Pj Bupati Sampaikan Lima Misi

TEROPONG INDONESIA-, Kabupaten Cilacap ditargetkan menjadi sheen of Java atau kemilau Jawa pada tahun 2045 mendatang. Demi mencapai hal tersebut, diperlukan strategi dan perencanaan yang matang untuk mewujudkannya sehingga apa yang dicanangkan menjadi suatu yang nyata dan bisa dinikmati seluruh warga masyarakat Kabupaten Cilacap.

Hal di atas disampaikan Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri saat menyampaikan sambutan pada acara konsultasi publik rancangan awal RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Cilacap tahun 2025-2045 dan rancangan awal RKPD (Rancangan Kerja Perangkat Daerah) Kabupaten Cilacap tahun 2025, di gedung Patra Graha PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Rabu (20/12/2023). Kegiatan itu dihadiri Ketua DPRD, Pemprov Jawa Tengah dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap serta perwakilan organisasi.

“Semoga Cilacap sebagai kemilau Jawa 2045 terwujud sehingga bisa dinikmati seluruh warga masyarakat Kabupaten Cilacap,” katanya.

Demi mewujudkan visi tersebut, ada lima misi yang akan dilanjutkan Pemkab Cilacap di antaranya mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkualitas dan merata, mewujudkan SDM yang berdaya saing, mewujudkan perlindungan dan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan tata kelola  pemerintahan yang akuntabel dan dinamis.

“Serta mewujudkan kualitas lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menambahkan, pembangunan Kabupaten Cilacap tahun 2025-2045 dibagi dalam empat tahapan lima tahunan. Adapun hal itu memiliki tujuan tahun 2025-2029 ditujukan untuk penguatan pondasi Cilacap berdaya saing, tahun 2030-2034 bertujuan untuk percepatan pencapaian Cilacap berdaya saing dan  maju, tahun 2035-2039 ditujukan untuk mewujudkan Cilacap yang sejahtera dan tahun 2040-2045 bertujuan untuk mewujudkan pembangunan Cilacap yang berkelanjutan.

“Melalui forum konsultasi publik ini diharapkan saran, masukan, tanggapan, dan kritik yang membangun dari hadirin sekalian dalam rangka penyempurnaan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Cilacap Tahun 2025-2045,” imbuhnya.

Baca Juga :  Desa Klayeran Pemalang Manfaatkan Bankeu Rp.1,7 Miliar untuk Bangun Kebutuhan Infrastruktur Mendesak

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati juga memaparkan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Cilacap 2025 dengan menitikberatkan pada enam prioritas yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi dan percepatan penanganan kemiskinan (termasuk kemiskinan ekstrem, pemerataan Infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kualitas Sumber Daya Alam, perwujudan kualitas hidup SDM yang berdaya saing, peningkatan perwujudan tata kelola pemerintahan berbasis digital dan pengelolaan keuangan serta penguatan kapasitas fiskal daerah dan peningkatan kualitas pembangunan kawasan pedesaan dan kewilayahan.

“Agar hal tersebut terwujud, maka perlu mengacu pada evaluasi 2023 dan melihat isu strategis 2025,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *