Optimalkan PADes, On The Spot Class Akademi Desa Juara ke Jateng & Yogyakarta

Teropong Indonesia (Bandung)-,Ada yang sangat menarik dari penyelenggaraan Akademi Desa Juara kali ini. Para pesertanya diajak secara on the spot ke beberapa desa di Provinsi Jateng dan Yogyakarta yang dianggap berhasil mengoptimalkan pengembangan dan pemanfataan potensi desanya menjadi Pendapatan Asli Desa (PADes).

Disana, para peserta akan langsung memperoleh ilmu sekaligus sharing pengalaman dari para Kades, BPD dan Ketua BUMDes setempat yang sukses mengelola potensi desanya masing-masing.

Tentunya hal itu selaras dengan harapan Gubernur Jabar sebagaimana yang disampaikan oleh Sekretaris DPMD Prov. Jabar, Ir. Pupun Saefunudin saat melepas rombongan peserta On The Spot Class AKSARA di halaman DPMD Jabar tadi siang.

“Seluruh peserta akan bisa melihat dan memotret kondisi dan strategi desa yang telah berhasil mengembangkan potensi desanya secara on the spot untuk kemudian dapat direplikasikan di desa masing-masing,” ungkapnya.

Sementara Analis Kebijakan, Desi Susanti, S.STP., M.Si menuturkan bahwa saat ini Pemerintah Desa jangan terus-terusan fokus pada masalah, tetapi harus fokus pada kekuatan potensi desa yang dapat dioptimalkan dimasa mendatang.

“On The Spot Class AKSARA ke luar provinsi ini merupakan kali pertama dilaksanakan dengan mengikutsertakan para Kades dan BPD sebanyak 14 orang peserta. Jika ini menjadi contoh pola yang baik dalam transfer knowledge bagi Desa, maka akan terus kita kembangkan” sambungnya.

Baca Juga :  Hasil Kakaw Megang Sakti Kualitas Ekspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *