Ragam  

Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Jawa Barat, Gubernur Ajak Amalkan Dasadarma Pramuka

(Teropong Indonesia)-, Hidup itu harus punya semangat yang penuh dengan visi, integritas, dan karya. Pesan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jabar dalam Gebyar Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Jabar di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj. Bupati Bekasi selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Bekasi, Dani Ramdan serta Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya.

Dalam Gebyar Hari Pramuka yang dihadiri 40 ribu peserta ini, Gubernur mendorong seluruh peserta untuk mengamalkan Dasadarma Pramuka.

“Jawa Barat sudah mewisuda 6 ribu lebih penghafal Al-Qur’an di seluruh desa di Jawa Barat sebagai cerminan dari semangat dasadarma, yaitu bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Itulah sebagian dasadarma yang saya terapkan sebagai pemimpin Jawa Barat,” tuturnya.

Semangat dasadarma kedua, tambahnya, yaitu cinta alam dan kasih sayang kepada sesama. “Terima kasih kepada gerakan Pramuka yang telah mengamalkan dasadarma kedua dengan membantu pengungsi gempa bumi di Cianjur,” ucapnya.

Dasadarma ketiga, lanjutnya, jadilah warga Pramuka yang sopan dan kesatria. Keempat, patuhlah pada aturan dan suka bermusyawarah.

“Pramuka Jawa Barat juga harus menjadi penolong, bukan yang ditolong. Yang membantu, bukan yang dibantu dengan semangat dasadarma rela menolong dan tabah,” ujarnya.

Dalam mengamalkan dasadarma keenam, Gubernur mendorong seluruh anggota Pramuka untuk mengejar cita-cita setinggi langit. “Kejarlah cita-cita dengan rajin, terampil, dan gembira,” imbuhnya.

Berikutnya, Gubernur berpesan agar seluruh anggota Pramuka bisa berinvestasi walaupun masih muda. “Adik-adik juga harus tetap sederhana, tidak boleh ada yang pamer-pamer harta. Tahan nafsu pamernya sesuai dengan dasadarma ketujuh; hemat, cermat, dan bersahaja,” pesannya.

Baca Juga :  Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto Terima Penghargaan dari Kapolda Sumut, Juara 1 Pos Pam Terbaik

Gubernur juga menegaskan agar warga Pramuka setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kalau ada yang menawarkan ideologi lain, Adik-adik harus lawan karena kita setia pada negara kita Indonesia sesuai dasadarma kedelapan; disiplin, berani, dan setia,” tegasnya.

Sesuai dasadarma kesembilan, Gubernur mengingatkan agar anggota Pramuka harus amanah, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab.

“Terakhir, jadilah masyarakat yang paripurna, selalu melibatkan agama dalam setiap langkah kita. Pramuka harus suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan sebagai aplikasi dasadarma yang terakhir,” pungkasnya.

Pemecahan 3 Rekor MURI

Senada, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, Atalia Praratya mengatakan, gerakan Pramuka bertujuan membentuk pribadi yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, memiliki kecakapan hidup, mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.

“Di tengah disrupsi lingkungan, teknologi, sosial, budaya, dan lain sebagainya, kita ingin persiapkan generasi masa depan yang tangguh berketahanan,” tegasnya.

Acara ini juga diisi pemecahan 3 Rekor MURI. Yakni, Rekor MURI Senam Tongkat, Rekor MURI Senam Smaphore, dan Rekor MURI Pesawat Glider.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *