Pj. Bupati Cilacap Ajak Rutinkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

Teropong Indonesia (Cilacap)-, Sebagai inovasi serta upaya dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat serta penerapan pola hidup sehat sedari dini, Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar meluncurkan Jumat Sehat dan Bugar (JUSEGAR) pada Jumat (16/06/2023) di SD Negeri Sidanegara 08 dan 11 Kecamatan Cilacap Tengah.

Dalam kegiatan tersebut, Pj. Bupati berkesempatan meninjau stand makanan dan jajanan pasar khas Cilacap. Kemudian acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Senam P5 (Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Senam Cuci Tangan dan Senam Gosok Gigi yang juga turut diikuti oleh Pj. Bupati, para tamu undangan serta seluruh guru dan murid.

“Sebenarnya ini adalah gerakan yang mengingatkan kita semua supaya kita hidup sehat. Kalau sehat pasti bugar. Jadi mulai dari anak-anak kita edukasi, kita didik, supaya mereka terbiasa hidup sehat,” kata Pj. Bupati dalam acara tersebut.

Kebiasaan menerapkan pola hidup sehat harus dicontohkan mulai dari hal-hal kecil seperti mencuci tangan, menggosok gigi, membuang sampah pada tempatnya dan sebagainya. Sehingga para orangtua ataupun guru harus dapat memberi contoh kepada anak-anak agar mereka terbiasa menerapkan pola hidup sehat.

“Yang dewasa untuk bisa membimbing anak-anaknya supaya biasa berperilaku sehat. Kalau berperilaku sehat, anaknya sehat, maka harapannya anaknya bisa menjadi cerdas dan pintar. Kalau cerdas dan pintar maka bisa menjadi generasi emas bagi bangsa Indonesia,” terangnya.

Pj. Bupati juga mengatakan bahwa gerakan positif tersebut nantinya diharapkan akan dapat diterapkan di seluruh sekolah di Kabupaten Cilacap. Sehingga kesehatan masyarakat terutama anak-anak di Kabupaten Cilacap dapat lebih diperbaiki dengan perilaku hidup sehat.

“Nanti akan direplikasi di banyak tempat. Sebetulnya sesuatu yang membuat nanti anak-anak dan para guru ingat, bahwa menjaga kesehatan dan kebugaran itu penting. Nanti kalau bisa akan dibuat Peraturan Bupati, setiap SD dan SMA dapat membuat kegiatan yang sama dan rutin dilakukan supaya tidak lupa untuk sehat dan bugar,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kerap Diterjang Banjir Saat Hujan, SMPN 3 Batujajar Berharap Bisa Segera Temukan Solusi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *