Media Massa Sebagai Kontrol Sosial, Memperkuat Demokrasi, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa & Supremasi Hukum

TEROPONG INDONESIA-, Pada momentum peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh setiap 9 Februari, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin turut menyampaikan Selamat Hari Pers Nasional tahun 2024 kepada segenap insan pers di seluruh penjuru tanah air.

Melalui siaran pers Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi, Wapres berpesan kepada pers Indonesia untuk terus menjaga peran dan fungsinya sebagai kekuatan keempat dari pilar demokrasi setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Sebagai Pilar Demokrasi ke-4, Wapres mengharapkan pers Indonesia / media massa terus menjalankan peran dan fungsinya sebagai kontrol sosial, memperkuat demokrasi, turut mencerdaskan kehidupan bangsa, serta berperan dalam upaya menegakkan supremasi hukum,” terang Jubir pada Jumat (09/02/2024).

Dalam konteks penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2024, menurut Jubir, Wapres berharap pers Indonesia tetap mampu menjaga integritas dan independensinya.

“Sehingga, pers terus berada di garda terdepan dalam penciptaan Pemilu yang jujur, adil, dan damai untuk proses transisi kepemimpinan nasional dengan legitimasi politik, legal, dan etik yang kokoh,” pesannya.

Sebagai informasi, merujuk situs resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), peringatan Hari Pers Nasional tahun 2024 mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”. Tema ini mengandung pesan yang tegas terhadap insan pers agar terus menjaga keutuhan bangsa di tengah kontestasi Pemilu 2024.

Selain tema, PWI juga merilis Logo Hari Pers Nasional 2024 berupa tulisan HPN dengan kombinasi warna merah, kuning, hijau, dan biru yang dikelilingi oleh tiga karakter hewan. Di bagian bawah terdapat tulisan Hari Pers Nasional DKI Jakarta 2024 yang menandakan peringatan puncak HPN 2024 bertempat di Jakarta.

Penetapan peringatan Hari Pers Nasional setiap 9 Februari didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 tahun 1985 yang ditandatangani Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985. Adapun peringatan HPN pertama kali diselenggarakan secara resmi pada 9 Februari 1985 di Gedung Utama Pekan Raya Jakara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *