Menpora Dito Buka POMNas XVIII Kalsel, Jadi Ajang Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional

(TEROPONG INDONESIA)-, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Tahun 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel) di Halaman Kantor Gubernur, Kota Banjarbaru, Rabu (15/11) malam.

Dimulai sekira pukul 19.00 Wita, pembukaan ajang olahraga antarmahasiswa seluruh Indonesia kali kedelapan belas ini berlangsung begitu meriah. Diawali penampilan tarian kolosal di atas panggung, dilanjutkan defile dari kontingen-kontingen atlet provinsi peserta.

Bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Menpora secara simbolis memanah ke arah lingkaran target di layar panggung, menandakan POMNAS XVIII 2023 Kalsel secara resmi dibuka. Pembukaan event yang berlangsung hingga 22 November ini pun makin meriah dengan dinyalakannya kembang api di langit secara beruntun, serta penampilan penyanyi Putri Ariani.

Menpora Dito dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalsel yang telah menyelenggarakan kegiatan POMNAS ini. Di mana ini merupakan ajang kompetisi olahraga yang melibatkan mahasiswa dari hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia

“Tentunya kegiatan ini termasuk untuk peningkatan prestasi olahraga nasional kita,” terang Menpora.

Apresiasi berikutnya diberikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel yang telah memberikan kontribusi dan bantuannya sehingga POMNAS XVIII dapat terselenggara. Apalagi penyelenggaraan POMNAS ini disebut memberikan multiplier effect pada perekonomian daerah.

Menpora Dito juga memberikan apresiasi atas penambahan cabang olahraga (cabor) dalam event POMNAS tahun ini. Dari awalnya 14 cabor pada edisi sebelumnya, kini bertambah menjadi 16 yaitu gulat dan pencak silat.

“Artinya ini menyebarluaskan potensi talent scouting dari potensi para atlet mahasiswa kita,” tutur Menpora.

Lebih lanjut Menpora Dito berharap POMNAS ini bisa berjalan lancar dan sukses. Para atlet pun bisa bertanding dengan sportif untuk meraih hasil terbaik sebagaimana yang ditargetkan.

Baca Juga :  Menyongsong Malam Lailatul Qadar

Sementara itu Rektor ULM Ahmad Alim Bachri dalam laporannya menerangkan, jumlah atlet yang hadir meramaikan dalam pertandingan di POMNAS 2023 Kalsel ini jumlahnya secara keseluruhan mencapai 2.717 orang dari 34 kontingen yang hadir.

“POMNAS kali ini adalah kehormatan yang luar biasa bagi Kalimantan Selatan, khususnya bagi Universitas Lambung Mangkurat yang dipercaya untuk melaksanakan event besar berskala nasional. Yang mudah-mudahan bisa berlangsung dengan lancar dan sukses,” urai Ahmad.

Turut hadir dalam acara pembukaan POMNAS XVIII yaitu Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono, serta unsur-unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *