Tim Dosen P2M & Kompor UPI Bangun 7 PJU Otomatis dan Pompa Hidram di Gunung Halu

(TEROPONG INDONESIA)-, Tim dosen P2M UPI bekerja sama dengan UKM Komunitas Mahasiswa Penggemar Otomasi dan Robotika (Kompor) mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan Pengabdian ini didanai oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Pengabdian ini berlangsung pada bulan Agustus sampai Oktober 2023.

P2M ini melibatkan Dr. Dadi Rusdiana, M.Si dan Dr. Ahmad Aminudin, M.Si sebagai tim dosen Universitas Pendidikan Indonesia. Adapun dari pihak KOMPOR UPI beranggotakan Handaru Raditya dan Fauzul Karim sebagai Steering Comitee (SC), Tesya Permadi sebagai ketua pelaksana, Andi dan Sendi sebagai sekretaris, Azka Aulia sebagai Publikasi dan Dokumentasi, Fadhil sebagai Logistik, dan Bany Abdussalam sebagai Engineer.

 

Pada tahun sebelumnya, UKM Kompor UPI membuat pompa Hidram dan penerangan jalan umum (PJU) menggunakan energi terbarukan. Sehingga, kegiatan pengabdian pada tahun ke-4 ini berfokus pada Perbaikan Hidram, penambahan PJU, serta perbaikan panel surya.

Pompa Hidram atau Hydraulic Ram Pump merupakan pompa air yang menggunakan tekanan hidrolik yang dihasilkan oleh aliran air. Prinsip kerja pompa ini didasarkan pada pemanfaatan energi kinetik dari air yang mengalir. Dengan adanya aliran air yang stabil melalui katup, tekanan dari air tersebut mendorong air untuk naik ke atas dan didistribusikan ke rumah-rumah warga di sekitarnya. Pompa air yang kami terapkan pada desa binaan tersebut, dapat membantu warga dalam kebutuhan air bersih.

Kemudian ada penambahan PJU otomatis sebanyak 7 titik. PJU ini dilengkapi sensor sehingga PJU otomatis akan menyala jika ada warga yang melewatinya, sehingga dapat menghemat listrik. Selain itu PJU otomatis ini menggunakan sumber listrik dari panel surya. Panel surya adalah sistem yang mampu mengkonversi energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui prinsip efek fotovoltaik. Hal ini dikarenakan terbatasnya akses listrik di desa tersebut.

Baca Juga :  Disdik Jabar Bahas Wacana 2024

Dengan kehadiran sistem Hidram, sistem penerangan jalan umum (PJU), dan sistem panel surya, diharapkan dapat mengatasi permasalahan kekurangan pasokan air bersih dan pencahayaan di wilayah tersebut.

Salahsatu warga Desa Kampung Parakan Wayang, Wawan mengucapkan terimakasih KOMPOR UPI atas dibangunnya PJU ini. “Alhamdulillah lampu PJU sudah dipasang ya, karena selama ini sebelumnya gelap sekali mau jalan saat malam rawan kecelakaan, apalagi kalau becek habis hujan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *