Dibalik Keterbatasan Pasti Ada Kelebihan

TEROPONG INDONESIA-, Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memberi semangat para penyandang disabilitas. Bupati mengajak agar mereka tidak putus asa dengan apa yang dikaruniakan Tuhan kepada mereka dan meyakinkan mereka pasti memiliki kelebihan.

“Jangan pernah berkecil hati dengan apapun kondisi adek-adek. Jadi tetap semangat tetap syukuri apa yang Tuhan berikan karena Ibu yakini dibalik keterbatasan pasti punya kelebihan yang tidak semua orang memiliki,” kata Bupati Tiwi dalam acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023, Senin (04/12/2023) di Pendopo Dipokusumo.

Bupati mencontohkan, beberapa kelebihan penyandang disabilitas telah menorehkan prestasi untuk nama baik Kabupaten Purbalingga di tingkat provinsi maupun nasional. Mereka diantaranya : Iqbal Rizqi Pratama (Atletik), Alfi Rizqiani (Catur), Nur Kurniasih (Renang), Kholid Karsim (Panahan). Selain itu juga ada penyandang disabilitas yang tidak menyerah untuk merintis usaha.

“Jadi kalau semuanya semangat, punya keyakinan bahwa adek-adek mampu, adek-adek bisa, Insya Allah halangan apapun yang ada di depan kita akan dengan mudah bisa kita lewati. Adek-adek semua tidak sendiri, banyak orang-orang yang sayang, termasuk Bu Tiwi,” katanya.

Bupati menambahkan peringatan Hari Disabilitas Internasional ini penting. Hal ini mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kesadaran akan keberadaan penyandang disabilitas di lingkungannya bahwa penyandang disabilitas punya hak yang sama dengan masyarakat yang lain.

“Apapun haknya harus kita upayakan untuk kita penuhi di seluruh aspek kehidupan. Pemkab Purbalingga juga berkomitmen untuk membangun lingkungan inklusif sehingga teman-teman bisa nyaman di Purbalingga,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Eni Sosiatman mengungkapkan sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Purbalingga. Kegiatan yang diselenggarakan diantaranya : lomba lomba (lomba menyanyi, melukis dan fashion show) pada Jum’at 1 Desember 2023.

Baca Juga :  Inspirasi Dari Pengalaman Takjiah, 54 Guru di PGRI Banyumas Ikuti Bimtek Pemulasaraan Jenazah

“Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 pada hari ini diselenggarakan pentas seni para penyandang disabilitas, penyerahan penghargaan untuk para penyandang disabilitas berprestasi, penyerahan bantuan modal untuk UMKM para penyandang disabilitas, penyerahan bantuan sosial serta penyerahan SIM D (dari Polres Purbalingga) untuk penyandang disabilitas,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *