Cegah Perpecahan dan Turunkan Suhu Politik, Wapres akan Gelar Pertemuan dengan Tiga Cawapres

(Teropong Indonesia)-, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan tiga calon presiden (capres) Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (30/10/2023). Pertemuan ini pun mendapat banyak pujian karena dianggap mengandung kesejukan di tengah panasnya suhu politik menjelang Pilpres 2024.

Saat dimintai tanggapannya oleh awak media terkait hal tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa pertemuan tersebut merupakan langkah baik untuk mencegah perpecahan masyarakat akibat kontestasi Pilpres.

“Presiden tentu sebagai kepala negara, menghendaki dalam rangka kontestasi itu tidak terjadi pembelahan,” ungkap Wapres saat memberikan keterangan pers usai meninjau upaya penanganan stunting di Posyandu Dahlia I, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Jambi, Selasa (31/10/2023).

Sehingga, menurut Wapres, sebagai kepala negara, Presiden akan terus menekankan dan memastikan para kontestan Pilpres berkompetisi secara fair, jujur, dan tidak menimbulkan sesuatu yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

“Jadi seperti menghindari hoaks. Jadi itu semacam juga kesepakatan- kesepakatan untuk dalam rangka Pemilu ini [berjalan] sesuai dengan koridor,” terangnya.

Kemudian, saat ditanya apakah ia juga akan menggelar pertemuan dengan para calon wakil presiden (cawapres) yakni Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka, Wapres memastikan bahwa dirinya juga akan mengundang ketiga cawapres untuk bertemu.

“Memang saya dijadwalkan untuk bertemu dengan para cawapres, tapi kita sedang mengatur waktunya,” ujarnya.

Sebab, menurut Wapres, ketiga cawapres saat ini tengah berada di luar Jakarta, sehingga perlu penyesuaian jadwal agar ketiganya dapat bertemu dengannya secara bersama-sama.

“Itu ternyata bukan masalah gampang mengatur waktunya, yang satu di Jawa Tengah, yang satu ke Jawa Timur, satu ke Papua. Jadi bagaimana mereka bertiga ada di Jakarta ini sedang kita komunikasikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rapat Kerja Nasional Ikatan Arsitek Indonesia di Papua

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa isu yang akan dibahas pada pertemuan dengan para cawapres nanti tidak jauh berbeda dengan apa yang dibicarakan Presiden dengan para capres, termasuk upaya-upaya untuk mencegah terjadinya konflik pada Pilpres 2024 khususnya di kalangan masyarakat bawah.

“Tentu pembicaraannya bagaimana kita meredam konflik di bawah, karena bagaimanapun di bawah itu bagaimana dari atasnya, dari para kontestan ini, baik itu partai pendukung, capres, cawapres, maupun juga tim pemenangan masing-masing,” urai Wapres.

“Nah ini kalau bisa tensinya diturunkan, artinya agar suasananya penuh damai, dingin, sehingga insya Allah Pemilu kita tidak menimbulkan masalah,” imbuhnya.

Mendampingi Wapres pada konferensi pers kali ini Gubernur Jambi Al Haris dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (EP/AS-BPMI Setwapres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *