Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di HUT ke –78 Kemerdekaan Republik Indonesia

(Teropong Indonesia)-, Pemerintah Kabupaten Purbalingga turut mensukseskan ‘Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih’ dengan membagikan 31.632 bendera ke masyarakat. Kegiatan yang dimotori oleh Kementerian Dalam Negeri itu dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Hari ini kita melakukan pembagian bendera merah putih kepada masyarakat, salah satu tujuannya adalah untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme,” ujar Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam sambutannya saat pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih di Lapangan Desa Metenggeng, Bojongsari, Jumat (28/07/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tiwi didampingi oleh Wakil Bupati Sudono, Ketua DPRD Bambang Irawan dan Sekretaris Daerah Herni Sulasti serta perwakilan dari Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Paul Andry Lumban Tobing memberikan secara simbolis bendera merah putih kepada 18 camat se-Kabupaten Purbalingga. Untuk selanjutnya, bendera merah putih akan dibagikan ke masyarakat sampai ke desa-desa.

Bendera merah putih yang dibagikan bersumber dari swadaya jajaran pemerintah kabupaten sampai ke tingkat desa serta kontribusi dunia usaha dan pihak lainnya. “Kegiatan ini merupakan wujud peran serta aktif seluruh masyarakat kabupaten Purbalingga dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 ini,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Bupati Tiwi memberikan apresiasi terhadap segenap pihak yang mensukseskan kegiatan tersebut. “Semoga pengumpulan dan pembagian bendera merah putih ini benar – benar dapat menggugah rasa nasionalisme, empati dan kepedulian terhadap sesama dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” pungkasnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Purbalingga Pandi menyatakan kegiatan ini merupakan tindaklanjut Surat Menteri Dalam Negeri nomor 400.10.1.1/1965/SJ perihal Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023. Hal itu kemudian diitindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Purbalingga.

Baca Juga :  Terima Pengurus Bamus Betawi, MPR RI Bamsoet Dorong Penguatan Pelestarian Seni dan Budaya Betawi

Sebelumnya ditargetkan bendera merah putih yang terkumpul untuk tingkat Kabupaten Purbalingga sebanyak 25.000 bendera. “Ternyata antusiame masyarakat cukup tinggi sehingga terkumpul sebanyak 31.632 bendera sampai pencanangan pada hari ini,” pungkasnya.

Acara pembagian bendera berlangsung meriah. Hadir ribuan masa mengenakan atribut merah putih dan membawa bendera merah putih berbagai ukuran yang merupakan dari perwakilan pelajar, organisasi dan masyarakat. Pada puncak pencanangan, mereka membentuk koreografi berupa angka 78 yang merupakan simbol HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *