Tidak Diterima PPDB Tahap ke-I & II ?… Dimanapun Sekolahnya Insya Alloh Terbaik

Teropong Indonesia (Kota Bandung)-, Dinas Pendidikan Jawa Barat secara resmi akan mengumumkan hasil seleksi tahap satu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024, jenjang SMA, SMK dan SLB Negeri di Jabar pada hari Selasa 20 Juni 2023.

Kepala Disdik Jabar Drs. Wahyu Mijaya, SH., M.Si., mengatakan, pihaknya telah menyiapkan platform media sosial (medsos) berupa Instragram Dikdik Jabar, sebagai sarana pengumuman kelulusan tahap satu pendaftaran PPDB Jabar.

“Besok siang merupakan pengumuman hasil PPDB tahap satu. Kami akan sampaikan di media sosial,” kata Wahyu, kepada Forum Wartawan Pendidikan (FWP) Jabar, usai menghadiri rapat pimpinan bersama Gubernur Jabar, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/6/2023).

Dari keterangan Wahyu, pelaksanaan PPDB Jabar 2023 tahap satu ini berjalan lancar. Ia pun tidak menampik bahwa dalam pelaksanaan PPDB tersebut mengalami sedikit kendala, namun bisa diatasi dengan baik.

“Alhamdulillah pelaksanaan PPDB tahap pertama berjalan lancar, tentunya ada beberapa masukan dan saran dari berbagai pihak. Namun, semua itu kami bisa kendalikan dengan baik,” kata Wahyu, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Jabar.

Diketahui, PPDB SMA, SMK dan SBL tahun 2023 di Jabar berlangsung sejak 6-10 Juni lalu. Adapun jumlah pendaftar tahap pertama PPDB tahun 2023 di Jabar mencapai sekira 317 ribu peserta.

Jumlah tersebut terbagi untuk SMA 55,3 persen, dan SMK 44,7 persen. Besok, Selasa 20 Juni 2023 merupakan jadwal pengumuman kelulusan yang akan diumumkan oleh Disdik Jabar.

Adapun jalur PPDB tahap satu untuk jenjang SMA yakni, Afirmasi (KETM, Kondisi Tertentu, PDBK), perpindahan tugas orangtua/anak guru, rapor dan prestasi kejuaraan dengan total kuota keseluruhan 50 persen.

Baca Juga :  Manfaatkan Hibah DRTPM Kemendikbudristek, IDE LPKIA Bandung Gelar PMP di Desa Lamajang Kabupaten Bandung

Sedangkan SMK dibuka untuk jalur Afirmasi (KETM, Kondisi Tertentu, PDBK), perpindahan tugas orangtua/anak guru, persiapan kelas industri, prestasi kejuaraan dan Prioritas Terdekat dengan total kuota 75 persen.

“Untuk besok pengumuman seluruh pendaftar PPDB. Tentunya ada jumlah pendaftar dan kuota sehingga ada yang diterima dan ada yang tidak,” terang Wahyu.

Oleh sebab itu, Wahyu berpesan kepada peserta yang dinyatakan lolos PPDB, agar segera melakukan koordinasi kepada masing-masing sekolah tujuan.

“Silahkan berkoordinasi dengan masing-masing sekolah, kemudian belajar dengan baik lagi mudah-mudahan semua cita-cita yang diinginkan bisa tercapai,” harapnya.

“Kemudian bagi yang belum diterima di SMA tujuannya, jangan patah semangat. Karena Insya Allah di mana pun kalian sekolah juga yang terbaik. Dan tidak berarti sekolahnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari awal. Jadi tetap semangat, kalian sekolah di manapun akan menjadi pribadi yang lebih baik,” kata Wahyu

Meskipun begitu mereka yang gagal di PPDB tahap satu bisa mencoba pada tahap dua dibuka tanggal 26-30 Juni 2023. Jenjang SMA dibuka untuk jalur zonasi (kuota 50 persen) sedangkan SMK untuk jalur rapor (kuota 25 persen).

(Sumber: Liputan Forum Wartawan Pendidikan Jabar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *