Pj Bupati Subang Lantik Kades Terpilih

TEROPONG INDONESIA-, Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Terpilih tahun 2023, bertempat di Aula Oman Syahroni, Pemda Subang, Selasa, 30 Januari 2024.

Kadis PMD (Dispemdes) Kabupaten Subang Dadan Dwiyana, A.P., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades Serentak) diikuti oleh 79 orang calon dari 22 desa, yang berasal dari 14 kecamatan. Waktu pelaksanaan Pilkades yakni pada 3 desember 2023, dengan jumlah DPT 99.491 orang dan Tingkat partisipasi sebesar 82,3%.

Dadan menyatakan pelantikan kepala Desa Blanakan yaitu Solehudin merupakan rangkaian terakhir dari hasil Pilkades Serentak tahun 2023.

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Subang dengan membacakan sumpah janji jabatan yang diikuti secara serempak oleh para kepala Desa terpilih. Setelah pembacaan janji, dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara dan dilanjutkan dengan penyematan Tanda Jabatan kepada Solehudin sebagai kepala desa terpilih.

Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan yang dilaksanakan di Aula Pemda tersebut telah dirumuskan dalam sebuah proses yang sesuai dengan perundang-undangan serta aturan yang berlaku. Dr. Imran berpesan agar semua pihak kembali bersatu dalam membangun Desa.

“Saya harap persaingan pada saat pemilihan kepala desa, dengan ini dihilangkan. Saya harap kepala desa terpilih dapat ‘merangkul’ semuanya. Mari bahu membahu, hand in hand membangun Desa Blanakan.”
Terkait pemilu yang akan segera digelar, Pj. Bupati Subang pun mengingatkan kepada para kepala Desa yang saat ini telah menjadi seorang ASN, untuk dapat menjaga netralitas.

“Mohon kepada kepala desa, tolong kawal pelaksanaan kondusifitas pemilu, agar pemilu dapat berjalan dengan lancar dan riang gembira.”

Baca Juga :  Di Rapat Paripurna, Masinton Pasaribu Usul DPR Gulirkan Hak Angket MK

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang juga mengingatkan terkait kemiskinan ekstrem dan stunting, dan berharap kepala desa berperan aktif dalam penanganan tersebut.

Pj. Bupati juga menyampaikan bahwa Kepala desa kini telah diberikan kewenangan yang sangat besar. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan kewenangan tersebut, karena penyalahgunaan kewenangan itu akan mudah sekali dideteksi karena saat ini telah banyak yang mengawasi.

“Terkait dengan penggunaan keuangan yang ada pada tingkat desa sekarang berlimpah itu uang dibandingkan dulunya. Saya berasal dari PMD, jadi saya paham betul. Alokasikan dan anggarkan dana desa dengan tepat sasaran. Tolong menjadi perhatian.” Tegas Dr. Imran.

Menutup sambutannya, Pj. Bupati Subang mengucapkan selamat kepada kepala Desa Blanakan yang telah dilantik dan berharap kinerja terbaik selama 6 tahun ke depan menjabat.

“Saya sekali lagi mengucapkan selamat kepada bapak kepala desa yang dilantik pada hari ini, selamat bekerja. Sumbangsih bapak, kinerja bapak, itu sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat yang ada di desa.”
Hadir pada pelantikan tersebut, Para Pejabat Forkopimda atau yang mewakili, Camat Blanakan beserta jajaran, serta tamu undangan lainnya. (Wahyudin/ Yaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *