Peningkatan Daya Saing Angkatan Kerja, Kadisdik: Diperlukan Kolaborasi

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya pada Diskusi Peningkatan Daya Saing Angkatan Kerja di Gedung Negara Kab. Sumedang, Jumat (8/12/2023).

SUMEDANGPerlu kolaborasi, itulah pesan yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pada Diskusi Peningkatan Daya Saing Angkatan Kerja di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Jumat (8/12/2023).

“Walau kewenangan SMK di provinsi, saat siswa menjadi angkatan kerja kami perlu bantuan dari kabupaten/kota, dibutuhkan kolaborasi,” ungkapnya.

Saat ini, tambah Kadisdik, investasi di Jabar termasuk yang paling tinggi se-Indonesia. “Hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengurangi jumlah pengangguran,” ucapnya.

Upaya yang telah dilakukan, di antaranya pembangunan perguruan tinggi di daerah yang terdampak program pembangunan strategis, melahirkan kompetensi keahlian baru yang sesuai dengan kebutuhan industri serta mendorong peserta didik untuk berwirausaha.

Selain itu, Disdik Jabar juga menggencarkan program tracker study untuk mendapatkan data lulusan SMK.

Diskusi ini dihadiri pula oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Endang Susilastuti, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sekretaris Disdik Kabupaten Sumedang serta seluruh kepala SMA dan SMK se-Kabupaten Sumedang. (Red).*

Baca Juga :  Ratusan Siswa SLB Semarakkan Festival Olahraga Disabilitas di Cimahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *