Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023, Pemerintah Daerah Ajak Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

(TEROPONG INDONESIA)-, Sebagai momentum untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa, Pemerintah Daerah Cilacap menggelar rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 pada Jumat (10/11/2023). Acara diawali dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang bertempat di Alun-alun Kabupaten Cilacap dengan dipimpin oleh Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Rangakaian peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 dihadiri oleh Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Fannky Ani Sugiharto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Yuliazi, Danlanal Cilacap Kol. Laut (P) Bambang Subeno, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, para perwakilan Forkopimda lainnya, jajaran kepala OPD serta pejabat di lingkungan Pemkab Kabupaten Cilacap.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang disampaikan oleh Pj. Bupati Cilacap disebutkan bahwa Hari Pahlawan ke-78 diperingati dengan mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” jelasnya.

Lebih lanjut disebutkan bahwa Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora,” ucapnya.

Baca Juga :  Tekankan Kesejahteraan Pengusaha & Buruh Egaliter

Pj. Bupati juga menegaskan bahwa semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Pj. Bupati Cilacap beserta jajaran Forkopimda serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap melakukan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dengan Ziarah Bersama di Taman Makam Pahlawan Surengrono, Kecamatan Jeruklegi dan ditutup dengan melakukan Tabur Bunga di wilayah perairan dermaga Sleko Cilacap.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *