Seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Daerah Rumpun Mapel Agama Islam Digelar 11 Mei 2023

Teropong Indonesia (Jakarta)-, Kementerian Agama menginformasikan bahwa seleksi instruktur nasional, fasilitator provinsi, dan fasilitator daerah untuk rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab akan digelar pada 11 Mei 2023. Seleksi instruktur dan fasilitator ini menjadi bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru madrasah.

Kepastian pelaksanaan tes seleksi ini disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain. Menurutnya, seleksi calon instruktur nasional dan fasilitator ini ramai peminat. Total ada 3.422 pendaftar dan yang lulus administrasi sebanyak 2.364 orang.

“Seleksi akan digelar pada 11 Mei dan dilakukan berbasis komputer (CBT) serta berbasis domisili. Karena pendaftar cukup banyak, seleksi akan dibagi dalam dua sessi. Untuk simulasi CBT nya akan digelar pada 9 Mei 2023,” terang M Zain di Jakarta, Senin (8/5/2023).

“Peserta akan dinyatakan lolos seleksi jika nilainya mencapai passing grade sebesar 75,” sambungnya.

Kepala Subdit Bina GTK MA/MAK Anis Masykhur menambahkan, seleksi dilakukan berbasis komputer serta berbasis domisili agar lebih mudah sekaligus menghemat biaya. Para peserta dapat melaksanakan proses mengerjakan test di tempat tinggal nya masing-masing.

“Yang terpenting, tersedia jaringan telekomunikasi dan spec laptop atau PC yang dipergunakannya memadai,” jelasnya lebih lanjut.

Para Instruktur Nasional yang terpilih atau lolos seleksi, lanjut Anis, nantinya akan melatih fasilitator provinsi. Sementara fasilitator provinsi akan memberikan pelatihan kepada fasilitator daerah. Kurikulum merdeka juga akan diperkuat melalui program ini.

“Semoga berjalan lancar. Kami menargetkan PKB guru Madrasah ini akan menjangkau 200.000 guru pengampu mata pelajaran agama, bahasa Arab, dan Raudlatul Athfal,” harapnya lebih lanjut

Baca Juga :  Media Massa Menjadi Wasit Yang Adil, Wartawan Jadi Timses Partai & Capres Harus Mengundurkan Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *