Sekda Jateng: “Mudik Gratis Naik Kapal Laut Kurangi Kecelakaan di Jalan Raya”

Teropong Indonesia (Semarang)-, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, melepas pemudik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Jumat (28/4/2023) sore. Pada program mudik gratis kapal laut 2023 ini, masyarakat bisa menaikkan sepeda motornya ke dalam Kapal KM Dobonsolo tersebut. Sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi kecelakaan pemudik bermotor di jalan raya.

“Kami berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan, Pelindo, PT Pelni dan semua pihak yang menyelenggarakan mudik pakai kapal untuk saudara-saudara kita yang biasanya mudik pakai sepeda motor. Dengan difasilitasi seperti ini sangat membantu mereka tetap mudik dengan aman dan di kampung masih bisa mobilitas menggunakan sepeda motor,” kata Sekda di sela acara pelepasan mudik gratis.

Sekda menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi lebaran tahun sebelumnya, kecelakaan pemudik menggunakan sepeda motor menjadi salah satu penyumbang peningkatan kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran. Hal itu karena mudik menggunakan sepeda motor sangat berisiko terjadi kecelakaan.

“Mudik dan balik menggunakan sepeda motor di dalam kapal ini dapat menghindari kecelakaan lalu lintas dan kejadian-kejadian seperti kemarin viral, ada istri yang tertinggal di Tegal,” katanya.

Ia mengatakan, terdapat beberapa hal penyebab pelaksanaan mudik gratis menggunakan kapal belum optimal. Diantaranya karena peserta mudik gratis menggunakan kapal belum memenuhi kuota yang disediakan. Karenanya kedepan kolaborasi dengan berbagai pihak akan terus ditingkatkan dan sosialisasi kepada masyarakat akan lebih digencarkan.

Sekda juga berpesan kepada seluruh peserta mudik gratis untuk memberi masukan kepada Dinas Perhubungan dan Pelni. Termasuk terkait kemudahan, kenyamanan, serta keamanan selama perjalanan mudik dan balik menggunakan sepeda motor yang naik kapal. Ia mengibaratkan pembeli di warung makan, jika enak sampaikan kepada warga lainnya dan apabila tidak enak sampaikan masukan kepada penjualnya.

Baca Juga :  HUT Ke-38 Perumdam Tirta Wijaya, Pj Bupati Cilacap: "Sejahterakan Masyarakat Dengan Akses Air Bersih"

“Sehingga tahun depan program ini bisa lebih optimal, karena kapal yang begitu besar tapi tidak optimal (pemanfaatan), eman-eman. Kalau punya saudara dan tetangga yang akan mudik, mohon informasikan dan diajak untuk mudik menggunakan kapal,” pintanya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup Antoni Arif Priadi menyampaikan, total arus mudik Jakarta – Semarang, jumlah sepeda motor yang diangkut KM Dobonsolo sebanyak 1.295 unit dengan penumpang 3.084 orang. Sedangkan arus balik Semarang-Jakarta, jumlah sepeda motor 1.265 unit dengan jumlah penumpang 3.175.

Antoni berharap lebaran tahun berikutnya mudik gratis menggunakan moda transportasi kapal akan lebih baik dan lebih banyak peminatnya. Terlebih program mudik gratis dimana penumpang dan sepeda motornya diangkut menggunakan kapal laut itu, dalam rangka untuk mengurangi kecelakasn sepeda motor di jalan raya.

“Kuota yang disediakan sebanyak 2.500 unit sepeda motor dan 5.000 penumpang. Ini memang benar-benar gratis, jadi saat registrasi hampir 95 persen terisi. Memang tidak ada komitmen, tidak bayar, dan sebagainya sehingga betul-betul hanya daftar. Namun pas hari H ada yang tidak datang, ada yang terlambat dan sebagainya,” jelasnya.

Tidak hanya mendapat fasilitas transpotasi gratis, dalam kesempatan itu para peserta Program Balik Mudik Gratis juga mendapat mendapat kesempatan mengikuti undian berhadiah. Beragam hadiah doorprize yang menarik seperti handphone, televisi, sepeda, serta motor listrik diserahkan secara langsung oleh Sekda pada para pemenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *