Budaya  

Peringatan Hari Kartini ke-144, Pj. Bupati Cilacap Jabarkan Keunggulan Kaum Wanita Dalam Dunia Kerja

Teropong Indonesia (Cilacap)-, Tekad dan keteguhan Ibu Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita akan selalu menjadi panutan bagi kaum wanita di Indonesia. Bahkan peran serta dari kaum wanita juga sangat  penting dalam dunia  kerja.

Dalam acara Peringatan Hari Kartini ke-144 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2023 yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Kamis (27/04/2023), Pj. Bupati menyampaikan bahwa berkat perjuangan Ibu Kartini, keberadaan kaum perempuan kini sudah jauh lebih baik dalam menerima kesetaraan gender terlebih dalam hal pekerjaan.

“Jaman dahulu ketika Ibu Kartini memulai perjuangan itu karena untuk sekolah saja sulit, sekarang semua sudah mendapatkan hak yang sama,” ucapnya.

Kaum perempuan memiliki keunggulan dalam dunia pekerjaan yaitu diantaranya ketelitiannya, pengelolaan keuangan, serta disiplin menjadi poin keunggulan kaum perempuan dibanding dengan kaum laki-laki.

“Kemudian juga lebih care, jadi lebih bisa ngemong kepada anak buah tetapi memang akan lebih cerewet ketika anak buahnya menunda pekerjaan. Sehingga itu merupakan ciri khas perempuan yang memang terkadang justru dicari dalam dunia kerja,” jelasnya.

Namun, Pj. Bupati juga mengatakan bahwa dengan adanya kesetaraan gender atau kesamaan status sosial antara kaum perempuan dan laki-laki tidak lantas menyalahi kodrat masing-masing.

“Kesamaan status sosial ini tidak melawan kodrat, kodrat perempuan yaitu melahirkan dan menyusui. Tetapi pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu dan lain-lain itu bukanlah kodrat dari wanita sehingga laki-laki seharusnya juga bisa melakukan hal tersebut. Sehingga ” kata Pj. Bupati.

Peringatan Hari Kartini mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender. Sehingga semangat perjuangan Ibu Kartini senantiasa terpatri dan menggelora untuk melanjutkan cita-cita perjuangan kaum perempuan.

Baca Juga :  Semarak 476 Tahun Kota Semarang Sosialisasikan Sarungku Gayaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *