Hindari Konsumsi Makanan Ini! Bisa Menaikan Asam Urat Kamu

ilustrasi asam urat. (freepik)

TEROPONG INDONESIAN – Berhenti mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kadar asam uratnya menjadi salah satu cara bagi Anda untuk tidak menghindari rasa sakit nyeri akibat penyakit tersebut.

Namun jika Anda tidak pandai dalam memilih makanan tersebut, bersiaplah penyakit asam urat akan datang menghampiri dan Anda akan merasakan sakit nyeri dan linu disebagian kaki juga tangan.

Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu penyakit asam urat datang? Baca selengkapnya melalui artikel dibawah ini.

Dirangkum teropongindonesian.com dari berbagai sumber pada Selasa, 21 Maret 2023 berikut ini makanan yang bisa memicu penyakit asam urat.

Baca Juga:Cara Bedakan Antara Jujur dengan Berbohong, Kenali Gestur Jika Seseorang Berkata Jujur

1. Daging olahan, termasuk salami dan ham

Bukan hanya makanan yang diolah dari daging segar saja yang harus dihindari penderita asam urat, produk daging olahan, seperti salami atau ham juga termasuk sebagai makanan pemicu asam urat kambuh.

Per 100 gram salami diketahui mengandung 120,4 mg purin, sedangkan ham mengandung 138,3 mg purin.

Selain itu, daging dan daging olahan juga mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak bisa memicu kenaikan berat badan berlebih.

Ketika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, tubuh mereka menghasilkan lebih banyak insulin. Hal ini akan mengganggu kerja ginjal untuk membuang asam urat, sehingga menumpuk dan mengendap sampai membentuk kristal di persendian.

Baca Juga:Keunikan dan Keindahan Pantai Selatan yang Menakjubkan, Di mana Saja?

2. Minuman manis, seperti soda dan jus buah

Minuman mengandung pemanis, seperti soda atau jus buah, tidak mengandung purin. Namun, jenis minuman ini mengandung fruktosa yang tinggi (gula dari sirup jagung).

Baca Juga :  Gak Buang Buang Duit! Inilah Cara Alami Cerahkan Bibir Tanpa Laser

Adapun tubuh Anda memecah fruktosa dan menghasilkan purin, sehingga minuman ini juga merupakan pantangan bagi penderita asam urat.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMJ Open menemukan fakta bahwa, risiko asam urat tinggi naik sekitar 85 persen pada pria yang minum lebih dari dua porsi soda per hari, dibanding yang hanya minum satu gelas minuman manis dalam sebulan.

Baca Juga:Inilah Beberapa Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berlibur Di Pulau Dewata Bali!

3. Jeroan seperti hati, jantung dan ampela

Jeroan hewan, seperti ati (hati), jantung, ampela termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Selain itu, jeroan lain seperti otak, babat, limpa, usus, dan paru juga perlu Anda hindari.

Pasalnya, jeroan mengandung purin yang tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita asam urat.

Sebagai contoh, hati ayam per 100 gram mengandung 312,2 mg purin dan dikategorikan sebagai makanan dengan kadar purin yang sangat tinggi. Sementara itu, dalam 100 gram hati sapi sebesar 219,8 mg purin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *