Travel  

Fakta-Fakta Gunung Semeru, Yang Merupakan Salah satu Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

TEROPONG INDONESIAN – Gunung Semeru beberapa waktu lalu sempat kembali erupsi yang memberikan dampak luar biasa terhadap lingkungan sekitar.

Banyak rumah yang tertimbun oleh abu vulkanik, serta membuat aktifitas warga terhenti akibat erupsi Gunung Semeru tersebut.

Namun Gunung Semeru memiliki beberapa fakta menarik, yang diantaranya

Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa yang tingginya 3.363 Meter dibawah permukaan laut (Mdpl). Gunung ini juga merupakan Gunung Merapi ketiga tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Memiliki Danau tercantik diatas 2000 Mdpl

Ranukumbolo itulah yang familiar ditelinga pendaki, karena danau ini memiliki keindahan yang dikeliling perbukitan hijau, dan ketika matahari terbit bisa dinikmati diantara celah dua bukit sehingga memiliki keindahan tersendiri. Sehingga banyak pendaki yang selalu mendirikan camp di danau tersebut.

Baca Juga: Inilah Cara Hilangkan Nyeri pada Sakit Gigi, Baca Selengkapnya Disini!

Sakral bagi Umat Hindu

Dalam agama Hindu ada kepercayaan tentang Gunung Meru. Gunung ini adalah rumah tempat bersemayam dewa-dewa dan sebagai sarana penghubung di antara Bumi (manusia) dan Khayangan. Banyak masyarakat Jawa dan Bali sampai sekarang masih menganggap gunung sebagai tempat kediaman Dewata, Hyang, dan makhluk halus.

Menurut orang Bali, Gunung Mahameru dipercayai sebagai Bapak Gunung Agung di Bali dan dihormati oleh masyarakat Bali. Upacara sesaji kepada para dewa-dewa Gunung Mahameru dilakukan oleh orang Bali.

Upacara tersebut dilakukan setiap 8-12 tahun sekali hanya pada waktu orang menerima suara gaib dari dewa Gunung Mahameru.

Baca Juga :  Geopark Dieng Menjadi Geopark Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *