Beragam Manfaat Bendungan Cipanas, Segera Dirasakan Warga

(TEROPONG INDONESIA)-, Bendungan Cipanas Bendungan Cipanas yang terletak di Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, resmi beroperasi, setelah diresmikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Selasa, 9 Juni 2024. Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli ikut mendampingi Wapres meresmikan Bendungan Cipanas.

Wapres Ma’ruf menyampaikan bahwa hadirnya bendungan menjadi peran yang dinilai strategis dalam menumbuhkan manusia hingga lingkungan. Tidak hanya sebagai sumber air baku, bendungan juga berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan serta energi.

“Keberadaan bendungan memiliki peran strategis dalam pertumbuhan manusia dan lingkungan, tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku, bendungan juga berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan dan energi,” kata Ma’ruf.

Wapres menyampaikan, bendungan ini bisa membantu supaya air ke lahan pertanian meningkatkan pertanian, dan berdampak kepada kesejahteraan. Selain itu pemanfaatan bendungan sebagai pembangkit tenaga listrik PLTA dan menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mentransisi energi.

Dengan adanya bendungan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengatasi pengelolaan banjir disaat musim hujan serta memiliki peran juga dalam menampung air disaat musim kemarau melanda di daerah.

“Meningkatkan kontribusi masuk energi nasional, membuka juga peluang pembangkit listrik surya terapung. Bendungan juga bisa digunakan sebagai sarana pengelolaan banjir saat musim hujan dan penampungan air saat musim kemarau,” katanya.

Selain itu, hadirnya Bendungan Cipanas Sumedang ini juga memberikan manfaat yang begitu besar bagi segi pertanian khususnya di wilayah Kabupaten Sumedang serta Kabupaten Indramayu. Bukan hanya itu saja, Bendungan Cipanas juga bisa dijadikan sarana wisata baru.

“Saya ingin memastikan pembangunan ini bisa langsung dimanfaatkan dan dirasakan sebesar-besarnya bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu dan Sumedang dan sekitarnya, khususnya dalam hal pertanian, industri dan air bersih serta mengurangi dampak banjir,” katanya.

Baca Juga :  Primasari Single Parent dari Banyumas, Perantau Yang Memilih Menjadi Seniwati & Bisnis Angkringan di Kabupaten Paser

Agar pemanfaatan bendungan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, Ma’ruf pun meminta kepada Pemerintah Daerah saling bersinergi bersama dengan masyarakat demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *