Lomdeskel DPMD Jawa Barat Upaya Mewujudkan Provinsi Emas dan Indonesia Emas 2045

Asep Nandang Rasadi S.I.P, Kepala Bidang Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat

TEROPONG INDONESIA-, Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 resmi mengahasilkan para juara. Berdasarkan pengumuman resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Nomor: 1859/PMD.01/BINDES yang menetapkan Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut sebagai juara pertama, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, berada di posisi kedua, disusul Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu di posisi ketiga.

Selain itu dijelaskan pemenang lomba katagori keluarahan ialah juara ke 1 Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan, Kota Cimahi, juara ke 2 Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler Kota Bandung dan juara 3 kelurahan Cimuning Mustikajaya Kota Bekasi.

Asep Nandang Rasadi S.I.P, Kepala Bidang Bina Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat menjelaskan untuk menyempurnakan pelaksanaan Lomdeskel tahun lalu, DPMD Jabar terus berupaya melakukan pembenahan dan terobosan pada setiap tahunnya. Seperti halnya Lomdeskel tahun 2024 ini, menerapkan aplikasi e-Lomdeskel, sehingga dalam tahap pemberkasan tidak diperlukan berkas secara fisik. Penerapan aplikasi e-Lomdeskel ini adalah upaya menciptakan Lomba Desa dan Kelurahan yang lebih objektif dan efisien.

“Kegiatan Lomdeskel dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi tingkat perkembangan desa dan kelurahan, yang dilihat melalui berbagai aspek dan diharapkan dapat dijadikan percontohan di desa dan kelurahan lain dari segi pemberdayaan masyarakat dan partisipasi masyarakat,” jelasnya saat wawancara khusus bersama media cetak dan online Koran SINAR PAGI & Radio Republik Indonesia di ruang kerjanya (2/7/2024)

Hal itu tentunya bukan perjuangan yang mudah, dari 13 kabupaten dan 7 kelurahan yang mengikuti lomdeskel. Alhamdulillah tahapan seleksi adminitrasi serta paparan/ekspose dan klatifikasi lapangan, terpilihlah 3 desa dan 3 kelurahan terbaik di jawa barat.

Diharapkan dengan terpilihnya 3 desa dan kelurahan dalam lomdeskel ini memicu desa-desa dan kelurahan lain untuk lebih berinovasi. Sehingga bisa lebih meningkatkan PADesnya untuk desa. Bisa lebih mensejahterakan masyarakatnya dan yang lainnya untuk mewujudkan provinsi emas dan indonesia emas di tahun 2045.

Baca Juga :  Wagub Uu Tinjau Arus Balik di Kadungora Garut

Menurutnya untuk juara 1 desa dan 1 kelurahan yang mewakili Jawa Barat. Mereka akan memperoleh hadiah uang pembinaan Rp. 100 juta untuk juara 1, Rp. 75 juta pemenang juara 2 dan Rp.60 juta khusus juara 3. Para pemenang lomba desa di tingkat Provinsi akan dilanjut bertanding ke tingkat nasional.

Infromasi yang dihimpun Koransinarpagijuara.com, Lomba Desa dan Kelurahan dilaksanakan untuk mendorong ruang kompetisi yang positif dan sportif kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan pemerintah, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan.

Tujuan pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan antara lain: (1) mengevaluasi dan menilai tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan (2) Mengetahui kinerja Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan di Desa dan Kelurahan; (3) Memotivasi Desa dan Kelurahan untuk selalu meningkatkan kinerja serta inovasi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pelayanan publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *