Dorong Pola Hidup Sehat Masyarakat, Bupati Purbalingga Sosialisasikan Germas

(TEROPONG INDONESIA)-, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) memborong dan membagikan semua hasil panen Kelompok Tani Wanita (KWT) Arum Tani Desa Banjaran saat hadir dalam Kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Kecamatan Bojongsari, Senin (01/07/2024). Hal ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan langkah-langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), salah satunya untuk gemar memasukan buah dan sayur ke dalam menu makanan sehari-hari.

Pemkab Purbalingga rutin menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diselenggarakan bergilir setiap wilayah kerja 22 Puskesmas se-Purbalingga. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan Germas diselenggarakan guna mempromosikan pola hidup sehat masyarakat.

“Jangan lupa lakukan Germas dengan 5 langkah : banyak konsumsi buah dan sayur, lakukan aktivitas fisik, cek kesehatan secara rutin, kurangi rokok dan istirahat yang cukup,” kata Bupati Tiwi dalam kegiatan Germas Puskesmas Kalimanah di Lapangan Desa Babakan, Kecamatan kalimanah, Selasa (2/7/2024).

Guna menunjang pelaksanaan Germas, disediakan stand layanan kesehatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM). Pelayanan ini Puskesmas Kalimanah bekerjasama dengan RS swasta di Kalimanah seperti : RSU Nirmala, RSU Harapan Ibu dan RSU At Tin Husada.

Disamping mempromosikan pola hidup sehat, kegiatan Germas juga diselenggarakan guna memberi penghargaan kepada para Kader Kesehatan. “Bu Tiwi titip program-program stuntingnya terus jalan, program PSN (pemberantasan sarang nyamuk) juga harus tetap berjalan dan program posyandunya juga harus tetap berjalan,” kata Bupati Tiwi.

Disamping mendapat honor dari desa, para Kader Kesehatan juga mendapat support dari Pemkab Purbalingga antara lain batik, pakaian olah raga dan sepatu. Sejumlah Doorprize dibagikan untuk para Kader kesehatan seperti, Kulkas, Sepeda dan hadiah menarik lainnya.

Sejumlah penghargaan dan bantuan diberikan dalam kegiatan di wilayah kerja Puskesmas Kalimanah kali ini, antara lain : penghargaan kader Posyandu Terbaik I kepada Setyorini dari Desa Babakan yang juga Juara I Lomba Kader Posyandu tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten, kader Posyandu Terbaik II kepada Eka Ristiani dari Desa Kedungwuluh, Terbaik III diberikan kepada Susi Susanti dari Desa Manduraga, Juara III Lomba Desa Sehat tingkat kabupaten diberikan kepada FKD Desa Selabaya, kader kesehatan senior diberikan kepada Trustilarsin dari Kelurahan Kalikabong, bantuan PMT Ibu Hamil, Balita dan Lansia di Kecamatan Kalimanah.

Baca Juga :  Inilah Bahan Alami yang Dipercaya Bisa Tumbuhkan Rambut dengan Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *