Desa Sukatani Purwakarta Sabet Runner Up Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar

TEROPONG INDONESIA-, Desa Sukatani adalah sebuah desa di Kabupaten Purwakarta yang memiliki segudang prestasi. Desa yang dipimpin oleh Kades Abdul Azis Tb. Limbong itu, awalnya berstatus desa maju. Saat ini, desa yang terkenal dengan peuyeum bendulnya itu telah berstatus sebagai desa mandiri berbasis digital.

Ada banyak program dan inovasi yang diinisiasi sang kepala desa, mulai dari Kartu Sehat Desa Sukatani hingga pembangunan infrastruktur desa berupa taman yang bisa setiap waktu dinikmati oleh warganya. Dan banyak lagi, prestasi-prestasi dan program yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh warga desa.

Teranyar, mewakili Kabupaten Purwakarta, Desa Sukatani juga dapat menorehkan prestasi membanggakan di kancah provinsi. Dalam Lomba Desa Tingkat Jawa Barat tahun 2024, Desa Sukatani berhasil meraih Juara 2, dan menghantarkan Kabupaten Purwakarta ke peringkat yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu diketahui dalam pengumuman resmi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat Nomor: 1859/PMD.01/BINDES yang menetapkan Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut sebagai juara pertama, Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, berada di posisi kedua, disusul Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu di posisi ketiga.

Kepala Desa Sukatani, Abdul Azis Tb. Limbong, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini. Meskipun tidak meraih juara pertama, ia tetap optimis dan meyakini bahwa Desa Sukatani telah memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Purwakarta di tingkat provinsi.

“Kami bersyukur atas raihan prestasi ini. Ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari semua pihak, baik perangkat desa, BPD, maupun seluruh masyarakat. Meskipun belum meraih juara pertama, kami yakin bahwa Desa Sukatani telah memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Purwakarta di tingkat provinsi,” kata Aziz kepada awak media, Senin 01 Juli 2024.

Baca Juga :  Jangan Bikin Desa Wisata Pabrikan, Karena Bikin Jenuh

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu Desa Sukatani dalam mempersiapkan diri mengikuti Lomba Desa Tingkat Jawa Barat tahun ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu Desa Sukatani dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba ini. Tanpa dukungan dan bantuan dari semua pihak, kami tidak mungkin bisa mencapai hasil ini,” kata Azis.

Sementara, Ketua BPD Desa Sukatani, Ade Beni juga turut bangga atas prestasi yang diraih jajaran Pemerintahan Desa Sukatani. Ia berharap raihan ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Purwakarta untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola dan pembangunan desanya.

“Prestasi ini menjadi bukti nyata kemajuan dan komitmen Desa Sukatani dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya. Kami berharap raihan ini dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Purwakarta untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas tata kelola dan pembangunan desanya,” kata Ade.

Menurutnya, pencapaian Pemerintahan Desa Sukatani di Lomba Desa Tingkat Jawa Barat ini patut diapresiasi dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Jawa Barat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam membangun desa yang maju dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *