Dinas Pendidikan Jabar Gerak Cepat Atasi Gangguan Sistem PPDB 

TEROPONG INDONESIA-, Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahap 1 Tahun 2024, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar bergerak cepat mengatasi gangguan sistem.

“Seperti hari ini (sistem) mengalami down, tim IT bergerak cepat mengatasi gangguan sistem,” jelas Plh. Kadisdik Jabar, M. Ade Afriandi bersama Komisi V DPRD Jabar saat meninjau kesiapan pelaksanaan PPDB di SMAN 1 Sumedang, SMKN 1 Sumedang, dan SMAN 1 Majalengka, Senin (3/6/2024).

Ia menjelaskan, gangguan ini disebabkan tingginya potensi kuota pada jalur zonasi yang mencapai 50% serta peningkatan signifikan jumlah pendaftar secara mandiri. Akses yang semakin terbuka telah mendorong animo masyarakat untuk mendaftar, yang mengakibatkan beban berlebih pada sistem.

“Namun, kami telah mengantisipasi potensi lonjakan pendaftar dan sedang melakukan evaluasi serta tindakan perbaikan yang diperlukan. Meskipun terjadi gangguan, kami ingin menegaskan bahwa calon peserta didik masih dapat mendaftar secara online di sekolah tujuan dengan bantuan operator sekolah,” tuturnya.

Bagi yang terkendala pendaftaran secara online, Plh. Kadisdik memberikan alternatif solusi pendaftaran. “Pertama, apabila calon peserta didik terkendala dalam pendaftaran secara mandiri, dapat melakukan pendaftaran secara online dengan bantuan operator sekolah tujuan,” ujarnya.

Kedua, lanjutnya, sekolah tujuan dapat membantu mendaftarkan calon peserta didik menggunakan akun operator sekolah.

“Terkait kondisi seperti ini, pimpinan telah memberikan arahan untuk tidak menolak pelayanan offline. Karena, prinsipnya tidak ada yang tertinggal. Semua terlayani, semua pendaftar mendapat pelayanan pendidikan,” tegasnya.

Plh. Kadisdik menegaskan, evaluasi terus dilakukan untuk memastikan kelancaran proses pendaftaran dan kenyamanan calon peserta didik. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kami,” ucapnya.

Baca Juga :  Dr. Ida Rohayani M.Pd: “Strategi SMAN 3 Kota Bandung Sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka”

Pelaksanaan PPDB 2024 Telah Dilaksanakan Sesuai Juknis

Selain itu, Plh. Kadisdik menjelaskan beberapa hal terkait PPDB Jabar. Antara lain, pelaksanaan PPDB 2024 telah dilaksanakan sesuai juknis. “Pertama, mulai dari payung hukum, sarana dan prasarana sudah kami siapkan, termasuk sistem online bekerja sama dengan Diskominfo Jabar,” tuturnya.

Untuk sosialisasi internal, tambahnya, sudah dijalankan sejak kick off pada 8 Mei 2024. Dilanjutkan Komitmen Bersama dan penandatanganan Pakta Integritas yang awalnya di level kepala dinas, kepala cabang dinas, kepala sekolah hingga ke satuan pendidikan. Mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, panitia sekolah, dan operator.

Simulasi dan Memitigasi Risiko

Ia menambahkan, kesiapan pelaksanaan PPDB ini dilanjutkan dengan simulasi dan mengukur/memitigasi risiko. “Karena, kita juga tidak mau ada masalah. Mulai hari ini, panitia pelaksana melakukan monitoring evaluasi ke seluruh lokasi, terutama yang dikhawatirkan ada gangguan layanan ataupun karena situasi dan kondisi wilayah,” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Plh. Kadisdik didampingi oleh Kepala Bidang PSMK Disdik Jabar, Edy Purwanto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Endang Susilastuti, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Dewi Nurhulaela serta Koordinator Kehumasan, Dewi Nuraini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *