DPD RI-KPU Bali Dorong Pilkada Hijau 2024

TEROPONG INDONESIA-, Senator RI Gede Ngurah Ambara Putra bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali mendorong pelaksanaan “Green Election” alias Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Hijau 2024 dengan meminimalisir pengunaan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak ramah lingkungan.

Dalam agenda pertemuan di Kantor DPD RI, Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Lidartawan mengungkapkan terkait persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Bali dipastikan 100 persen telah rampung.

Mantan Ketua KPU Bangli itu juga turut menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Rabu, 14 Februari 2024 lalu sebagai langkah antisipasi pada kontestasi Pilkada Serentak 2024, Rabu, 27 November 2024.

“Yang pada intinya pertemuan kami kali ini menyampaikan kepada anggota DPD Bali, Senator RI Gede Ngurah Ambara Putra bahwa semua yang menyangkut persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Bali sudah selesai. Kami juga menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi pada Pileg 2024 kemarin untuk langkah antisipasi ke depan. Juga kami sampaikan beberapa usulan terkait Green Election (Pilkada Hijau, red) dan insurance (asuransi, red) untuk ketenangan kami dalam bekerja. Semoga usulan-usulan ini dapat disampaikan di Senayan nanti,” ungkap Agung Lidartawan kepada wartawan balipolitika.com, Selasa, 23 April 2024.

Lidartawan juga berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Bali dapat berjalan sesuai dengan perencanaan yang ada; tidak ada lagi timbul permasalahan berarti seperti kesehatan, sengketa dan lainnya, sesuai yang ditargetkan KPU Bali, yakni sebesar 75 persen.

Sementara itu, Senator RI Dapil Bali, Gede Ngurah Ambara Putra menyambut baik apa yang disampaikan oleh Tim KPU Bali dalam agenda pertemuan di Kantor DPD RI tersebut.

Gede Ngurah Ambara Putra yang duduk di Komite 1 DPD RI dengan lingkup tugas terkait pelaksanaan fungsi legislasi dan fungsi pengawasan atas undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah; hubungan pusat dan daerah; dan pembentukan, pemekaran, serta penggabungan daerah menekankan pihaknya akan segera menyampaikan apa yang menjadi usulan KPU Bali dan mendorong pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tepat waktu plus tepat anggaran.

Baca Juga :  Memilih Pemimpin Bentuk Rasa Syukur

“Tentu saya sangat mengapresiasi langkah cepat yang telah dilakukan oleh KPU Bali jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Usulan-usulan yang ada nantinya kami akan sampaikan dalam agenda rapat kerja di Senayan. Kami di DPD RI akan terus mendorong penyelenggaraan Pilkada di Bali sesuai jadwal, sebagaimana arahan Bapak Presiden agar sesuai dengan konstitusi dan peraturan perundang-undangan,” tegas Gede Ngurah Ambara Putra.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *