3 Ajaran Bung Karno ke Generasi Muda

TEROPONG INDONESIA-, Saat meresmikan Taman Pemuda Soekarno di Ngawi, Jawa Timur, pada Jumat (19/1/2024). Ketua DPR RI Puan Maharani menjelaskan tentang tiga ajaran Bung Karno yang perlu diketahui generasi muda Indonesia. Ajaran pertama adalah Pancasila yang Bung Karno gali dari bumi nusantara dengan intisarinya adalah gotong-royong.

“Generasi muda harus terus kita ingatkan untuk bergotong-royong membangun bangsa dan negara karena generasi muda adalah masa depan Indonesia,” kata Puan dalam keterangan tertulis kepada Parlementaria.

Ajaran berikutnya adalah Trisakti, yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Puan menyebut, generasi muda Indonesia perlu tahu dan memahami ajaran Trisakti Bung Karno agar turut mendasari gerak-gerik pembangunan bangsa dan negara kita.

“(Ajaran) ketiga adalah ajaran agar selalu berpihak kepada wong cilik, wong cilik, wong cilik. Bung Karno sejak muda sudah selalu membela kepentingan dan kesejahteraan wong cilik. Ini yang kita harapkan generasi muda Indonesia juga warisi semangatnya,” jelas mantan Menko PMK itu.

Baca Juga :  Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Kebumen Diikuti 152 Peserta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *