Kominfo dan PBNU Kembangkan Tiga Klaster Kerja Sama Digitalisasi

TEROPONG INDONESIA-, Kementerian Komunikasi dan Informatika memperkuat kerja sama digitalisasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan dalam diskusi dengan Ketua Umum dan jajaran pimpinan PBNU pengembangan kerja sama itu mencakup literasi digital dan pemberdayaan UMKM, talenta digital dan kepemimpinan digital, serta digitalisasi PBNU.

“Pengembangan kerjasama yang dibangun hari ini merupakan satu dari sekian banyak sinergi yang kami lakukan dengan berbagai pihak. Saya dan seluruh jajaran Kominfo terus berkomitmen menjalin kerjasama dengan stakeholders terkait secara inklusif dan konstruktif,” ungkapnya dalam Konferensi Pers Pertemuan Menkominfo dengan Ketum PBNU di Kantor PBNU Jakarta Pusat, Kamis (18/01/2024).

Menteri Budi Arie menjelaskan tiga klaster kerja sama yang selama ini terjalin. Untuk klaster Program Literasi Digital tahun ini akan dikembangkan dalam bentuk pendampingan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Tahun lalu telah berjalan dengan baik, dan tahun ini akan terus dikembangkan. Selain itu, di tahun ini, kami juga akan memberikan pendampingan adopsi teknologi digital UMKM di kalangan NU,” jelasnya.

Adapun klaster Program Digital Talent Scholarship, Menkominfo menyatakan tahun ini akan dikembangkan dengan mengundang para pimpinan PBNU maupun pimpinan perguruan tinggi NU untuk mengikuti Program Digital Leadership Academy (DLA).

“Pada tahun 2023 telah berjalan dengan baik dan menyasar kalangan sekolah dan pesantren NU. Sebagai bentuk pengembangan kerjasama, lewat Program DLA, Kominfo short course tentang kepemimpinan digital, yang bekerja sama dengan kampus ternama dunia, seperti Cambridge University, dan Oxford University,” tutur Menkominfo.

Dalam klaster ketiga, berkaitan dengan digitalisasi PBNU, Menteri Budi Arie berharap bisa mendukung digitalisasi baik organisasi dan pendidikan  untuk mendukung visi besar PBNU ke depan.

Baca Juga :  Matangkan Raperda Iptek Jawa Barat, Pansus III Konsultasi ke Kemendagri dan BRIN

“Pada prinsipnya Kominfo akan mendukung implementasi Road Map Transformasi Digital yang sedang dirancang oleh PBNU,” tandasnya.

Menurut Menkominfo, kerja sama dengan PBNU merupakan ikhtiar bersama untuk meningkatkan intelektualitas dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Demi kemaslahatan masyarakat indonesia, sekaligus mensukseskan percepatan transformasi digital nasional yang sedang digalakkan oleh bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo MIra Tayyiba, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel A. Pangerapan dan Kepala Badan Pengembangan SDM Hary Budiarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *