UMKM Awards 2023 Bantu Tingkatkan Daya Saing Pelaku Usaha Mikro Kota Bandung

Teropong Indonesia (Kota Bandung)-, Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kota Bandung menggelar UMKM Awards 2023, Senin 30 Oktober 2023. Acara ini disambut antusias oleh para pelaku UKM.

Puji Lestari salah satunya. Pemilik usaha Hi Story Camp ini mengaku rangkaian UMKM Awards ini memberi banyak ilmu bermanfaat bagi usaha yang ia jalankan.

Ia mengaku senang dan merasa dirangkul oleh Pemkot Bandung lewat acara ini. Sebagai informasi, dalam salah satu rangkaian UMKM Awards 2023 ini, terdapat kegiatan pelatihan bagi para finalisnya.

“Awalnya saya ikut acara ini untuk menambah jejaring bisnis. Supaya kita lebih tahu banyak hal mengenai produksi, pengemasan,” kata Puji dalam siniar Ngariung bersama Diskominfo Kota Bandung, beberapa waktu menjelang UMKM Awards 2023 dimulai.

Ia berharap, kegiatan ini bisa terus menjaga motivasinya dalam mengembangkan produk usaha mikro yang dijalankannya.

“Saya jadi punya banyak teman pelaku UMKM. Semangat positif mereka memotivasi kami untuk lebih berkembang lagi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Usaha Mikro Diskop UKM Kota Bandung, Tris Avianti Ratnajati menjelaskan, UMKM Awards 2023 bertujuan untuk mengapresiasi pelaku usaha mikro di Kota Bandung.

Menurutnya, kegiatan ini dapat mendorong UMKM Kota Bandung untuk naik kelas.

“Jadi bagaimana caranya UMKM naik kelas, dari awarding ini bisa kelihatan ya,” ujar Tris.

Adapun gelaran tahun 2023 ini merupakan edisi keempat UMKM Awards. Acara ini pertama kali digelar pada 2019. Setelah hiatus pada 2020, acara ini kembali hadir pada 2021, 2022, dan 2023.

Ia juga menyebut, rangkaian acara ini diawali oleh pendampingan di level kecamatan. Menurut Tris, ada 30 pendamping yang disebar di 30 kecamatan di Kota Bandung.

Baca Juga :  PT. APKC Cilacap Produksi Perahu & Buka Jasa Pelatihan Keterampilan Kerja Fiberglass

Pembeda UMKM Awards 2023 dengan edisi sebelumnya adalah hadirnya UMKM non-binaan Pemkot Bandung. Menurut Tris, hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kota Bandung.

Ia menuturkan, ada lebih dari 900 UMKM asal Kota Bandung yang mengikuti UMKM Awards 2023. Setelah melalui serangkaian proses kurasi, 30 besar finalis mendapat sesi pelatihan (boot camp) dan diberi pelatihan dalam mengakses pasar serta investor yang lebih luas.

“Di dunia yang lebih luas, kompetisi positif seperti ini perlu ya. Tentu, untuk kemajuan UMKM,” terangnya.

Ke depannya, Tris menyebut para pemenang UMKM Awards 2023 akan mendapat uang pembinaan dan difasilitasi untuk menggelar eksibisi di luar kota Bandung, yakni Kota Malang.

“Para finalis ini perjuangannya luar biasa. Dan setelah nanti menang, kita akan lihat sejauh mana peminat produk UMKM asal Kota Bandung ini di luar,” pungkasnya.

Adapun UMKM Awards 2023 terdapat 3 pemenang (juara) dari 4 kategori, antara lain: fesyen, kuliner, kriya, jasa. Serta ada pula kategori bisnis terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *