Pemkab Cilacap Jalin Kerjasama dengan 10 RS Swasta Cilacap dan JNE Cilacap Tentang Dokumen Kependudukan

(Teropong Indonesia)-, Pemerintah Kabupaten Cilacap telah melakukan Penandatanganan Naskah Kerja Sama tentang Pelayanan Pembuatan Dokumen Kependudukan Anak di Kabupaten Cilacap dengan 10 Rumah Sakit di Kabupaten Cilacap, serta Perjanjian Kerja Sama tentang Penyelenggaraan Layanan Pengiriman Dokumen Kependudukan dengan JNE Cabang Cilacap. Penandatanganan dilakukan oleh Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati pada Senin (23/10/2023).

10 Rumah Sakit yang melakukan Penandatanganan Kerja Sama diantaranya yaitu Rumah Sakit Umum Aghisna Medika Sidareja, Rumah Sakit Umum Aghisna Medika Kroya, Rumah Sakit Umum Aprillia Cilacap, Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap, Rumah Sakit Umum Afdila Cilacap, Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap, Rumah Sakit Pertamina Cilacap, Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa Cilacap, Rumah Sakit Umum Duta Mulya Majenang, dan Rumah Sakit Umum Raffa Majenang.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan bahwa dalam era digital saat ini, efisiensi dan kecepatan dalam penyelenggaraan layanan publik menjadi tuntutan utama. Untuk itu, harapannya melalui perjanjian kerjasama ini akan memudahkan masyarakat Kabupaten Cilacap dalam pengurusan dokumen kependudukan anak dan pengiriman dokumen kependudukan.

“Nanti ini kaitannya dengan akte lahir kemudian Kartu Identitas Anak (KIA). Sehingga ketika anak lahir, sudah tidak ada lagi anak yang tidak mempunyai identitas atau akte lahir. Jadi seperti di negara maju ini adalah single identity, sekarang Indonesia sudah mulai menerapkan ini adalah sebuah kemajuan,” jelasnya.

Namun, Pj. Bupati juga berpesan agar menjaga identitas digital yang nantinya sudah terinput di database RS sehingga tidak ada kebocoran data yang berakibat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

“Jangan sampai memberikan password atau apapun kepada orang yang tidak berkepentingan. Jadi ada sumpah dan komitmen supaya tidak sembarang orang melakukan input. Saya minta ini dilakukan supaya tidak terjadi kebocoran data dan kekeliruan dalam input,” pesannya.

Baca Juga :  Penderita Diabetes Wajib Tahu! Inilah Risikonya Kalau Tak Rutin Periksa Kadar Gula

Pj. Bupati juga berterimakasih kepada Rumah Sakit Swasta di Cilacap yang telah banyak membantu dengan menyediakan layanan BPJS Kesehatan bagi masyarakat sehingga harapannya CSR tersebut akan terus dilanjutkan demi pelayanan kesehatan prima di Kabupaten Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *