1.926 Formasi Tersedia, Pemda Garut Umumkan Jadwal dan Kuota Seleksi CASN Tahun 2023

(Teropong Indonesia)-, Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi mengumumkan jadwal pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2023. Pendaftaran seleksi CASN dijadwalkan berlangsung mulai 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyampaikan informasi terkait alokasi formasi untuk CASN Tahun 2023. Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut telah menetapkan total 1.926 formasi yang tersedia, dengan dua kualifikasi fungsional, yakni tenaga pendidik dan tenaga kesehatan (nakes). Hal ini disampaikannya usai memimpin Apel Gabungan di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Kabupaten Garut, Senin (28/08/2023).

“Tenaga pendidik kisaran 1.300-an dan selebihnya adalah nakes. Ini yang akan kita rekruitmen di tahun 2023 ini,” ujarnya.

Nurdin mengungkapkan, rekrutmen tahun ini akan memberikan keberpihakan kepada honorer yang telah lama mengabdi di lingkungan Pemdakab Garut. Bagi mereka yang memiliki pengabdian panjang, pemerintah memberikan afirmasi dengan persentase 15%, 25%, atau 30% sesuai dengan usia pengabdiannya, dan tidak harus memulai dari nol.

“Artinya ini keberpihakan pemerintah kepada yang bersangkutan karena usia pengabdian mereka, yang kedua karena usia kritis mereka, mereka usia-usianya udah banyak lanjut (usianya),” ucapnya.

Meskipun demikian, Nurdin juga mengingatkan kepada para calon honorer yang akan mengikuti seleksi CASN 2023 pentingnya persiapan yang matang agar dapat mencapai passing grade yang ditetapkan oleh penyelenggara seleksi atau BKN.

Meskipun afirmasi memberikan bantuan, namun usaha untuk mencapai passing grade tetaplah kunci utama.

“Bukan berarti warga lain tidak boleh, tetapi konteksnya adalah kita justru memberikan ruang kepada teman-teman kita yang jauh mengabdi sudah lama lah di Kabupaten Garut ini,” katanya.

Seleksi CASN Tahun 2023 diharapkan dapat berjalan lancar dan memberikan peluang yang adil bagi semua calon aparatur sipil negara, dengan tetap menghormati pengabdian panjang para honorer yang telah setia melayani masyarakat Kabupaten Garut.

Baca Juga :  Taman Budaya Embung Giwangan Pengungkit Potensi Yogya Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *