Tumbuhkan Jiwa Integritas Sejak Dini, Pj. Bupati Cilacap Rencanakan Perbup Tentang Kurikulum Anti Korupsi

(Teropong Indonesia)-, Pemkab Cilacap melakukan berbagai upaya demi mewujudkan para ASN untuk dapat lebih berintegritas dan anti terhadap berbagai praktik korupsi. Oleh karena itu, Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi bagi Kepala OPD, Kepala Bagian SETDA, Camat, Kepala Puskesmas, Lurah dan Direktur BUMD dengan menghadirkan Narasumber dari KPK RI.

Acara yang digelar pada Rabu (09/08/2023) di hotel Aston Inn Cilacap tersebut turut dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri beserta para Asisten Sekda. Pj. Bupati menyambut baik adanya kegiatan tersebut karena para ASN di lingkungan Pemkab Cilacap diharapkan memiliki komitmen bersama bahwa integritas merupakan satu hal yang mutlak bagi pelayanan prima.

“Memang kita harus menjaga integritas, maka dari penjelasan KPK memang kegiatan sosialisasi harus dilakukan secara terus menerus walaupun berulang-ulang tetapi ini harus dilakukan untuk menimbulkan kesadaran bahwa kita memiliki nilai-nilai untuk anti korupsi sejak dini,” kata Pj. Bupati.

Untuk dapat mewujudkan integritas serta jiwa anti korupsi sejak dini, Pj. Bupati menyampaikan bahwa nantinya akan menerbitkan Perbup terkait kurikulum anti korupsi dari mulai bangku SD dan SMP.

“Jadi nanti kita akan buat Perbup supaya ada mata pelajaran tentang anti korupsi. Mungkin bisa kita dorong mulai dari situ,” jelasnya.

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti Korupsi KPK Amir Arief selaku narasumber pada acara tersebut menyampaikan bahwa pemberantasan korupsi harus dilakukan dengan 3 pendekatan.

“Yang pertama pendekatan pendidikan untuk mengedukasi orang untuk sadar dan paham tentang korupsi terkait bahaya dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Kemudian yang kedua pendekatan pencegahan dengan memperbaiki tata kelola, reformasi birokrasi, perbaikan good governance. Lalu yang ketiga yaitu pendekatan hukum agar orang takut melakukan korupsi,” terangnya.

Baca Juga :  Alun-alun Cililin dan Lembang Siap Dibuka, Bupati Hengky: Untuk mendongkrak ekonomi daerah

Sehingga dengan adanya pendekatan pendidikan yang diberikan dalam kegiatan tersebut, diharapkan ASN di lingkungan Pemkab Cilacap dapat mengimplementasikan dalam pekerjaan dan di kehidupan sehari-hari.

“Sehingga mereka akan menjadi contoh teladan di keluarga maupun satuan kerjanya dan organisasi kemudian dapat membimbing aparat dibawahnya menjadi figure yang berintegritas guna mencapai tujuan melayani masyarakat,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *