4.791 Calon Peserta Didik Baru ditolak saat PPDB 2023, Disdik Jabar Segera Lakukan Evaluasi

Ilustrasi tahapan PPDB Jawa Barat tahun 2023.

BANDUNG – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat mengungkapkan alasan menolak 4.791 siswa saat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023.

Sebelumya, keikutsertaan 4.791 Calon Peserta Didik Baru yang terbukti melakukan kecurangan dalam proses PPDB Jabar 2023 dibatalkan.

Kepala Disdik Jabar Wahyu Mijaya mengatakan bahwa para siswa tersbut ditolak karena beberapa alasan, seperti dokumen kartu keluarga (KK) tidak sesuai, titik koordinat tidak sesuai dan nilai raport yang tidak sesuai.

Tak hanya itu, dia juga menyebut, siswa itu ditolak karena bisa jadi dokumen program penanganan kemiskinan, dokumen prestasi kejuaraan tidak sesuai.

“Jadi penyebab yang mengakibatkan kita menolak yang 4.791 itu untuk tidak lanjut dalam proses PPDB kemarin,” kata Wahyu di Bandung, Senin (17/7/2023).

Dia menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan seperti halnya dari 2022 ke 2023. Selain itu, lanjut Wahyu, pihaknya juga akan melakukan evaluasi untuk berbagai perbaikan.

“Nanti pun kita lakukan evaluasi dan ini juga menjadi bagian yang harus kita perbaiki di 2024,” jelasnya.

Wahyu mengaku, pihaknya sudah membuat tim evaluasi, sehingga apa saja bagian-bagian mulai dari sistem, data atau semua akan dilakukan berbagai evaluasi tersebut.

“Kalau misalnya sudah terbukti ada KK Palsu, dalam proses yang sekarang karena kan ini ada penyerahan dokumen aslinya, kalau misalnya terbukti kita akan proses sesuai ketentuan di peraturan Gubernurnya,” tandasnya. (Red).*

Baca Juga :  Lokakarya 7 Pendidikan Guru Penggerak Kebumen Diikuti 152 Peserta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *