SMK di Jabar Persiapkan Pelajar Juara Bersaing di Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional 2023

Teropong Indonesia (Kota Bandung)-, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jabar, dimulai dari tanggal 9 hingga 11 Mei 2023. Kegiatan lomba tersebut untuk menjaring atau mempersiapkan pelajar juara bersaing ke tingkat nasional.

Ada 27 bidang yang dilombakan yakni Cyber Security (team), Industrial Control, Mechatronics (team), Mobile Robotics (team), Refrigeration and Air Conditioning, Welding, CNC Milling, CNC Turning, Mechanical Engineeering CAD, IT Network Systems Administration, IT Software Solutions for Business, Information Network Cabling, Electronics, Web technologies, Cloud Computing, Electrical Installations, Automobile Technology, CAD Building (team), Graphic Design Technology, Fashion Technology, Fashion Technology, Hotel Reception, Restaurant Service, Patisserie and Confectionery, Plastick Die Engineering, Autobody Repair, Health and Social Care dan Landscape Gardening (team).

Kordinator Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jabar, Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cimahi Erwin, S.Pd, M.Pd menyampaikan Alhamdulillah SMKN 1 Cimahi ditunjuk jadi tuan rumah LKS Tingkat Provinsi tahun 2023. Dengan 5 mata lomba yang diselenggarakan & juga SMKN 1 mengirimkan peserta ke SMKN 4 & 6. Jadi totalnya 5 peserta berlomba di dalam dan 6 di luar sekolah,”ungkapnya saat wawancara khusus bersama media cetak & online Koran SINAR PAGI setelah bersama memantau jalannya perlombaan (10/5/2023)

Menurutnya pada tahun sebelumnya perlombaan berlangsung daring atau online. Sedangkan untuk tahun ini pelaksanaan mata lomba LKS tingkat Jawa Barat dibagi di beberapa sekolah. Berdasarkan kesiapan serta ketersediaan sarana dan prasarana, sesuai kompetensi keahlian yang dilombakan. Dan di SMKN 1 Cimahi  sebagai penyelenggara 5 mata lomba kompetensi keahlian diantaranya, Mobil Robotics, Mechatronics, Refrigeration and Air Conditioning, Industrial Control dan Cyber Security.

Erwin juga menyatakan SMKN 1 Cimahi mengirim peserta khusus 6 mata lomba yang dilaksanakan di SMKN 4 dan 6 Bandung. Mereka mengikuti 6 mata lomba yaitu IT Software Solutions for Business, IT Network Systems Administration, Information Network Cabling, Electronics, Web Technologies dan Data Science dan Cloud Computing.

Baca Juga :  Karya Kreatif Indonesia Berlangsung 3 Hari di Rita Super Mall Purwokerto

Seperti yang disampaikan kepala SMKN 1 Cimahi, Agus Priyatmono Nugroho S.Pd, M.Pd dengan diberikan kepercayaan SMKN 1 Cimahi guna melaksanakan 5 mata lomba di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Jawa Barat ini. Semoga bisa memberikan manfaat dan mendorong prestasi siswa SMK di Jawa Barat untuk berkompetisi di tingkat nasional. Adapun pelaksanaan LKS ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu 9-11 Mei 2023.

Terakhir Erwin berharap melalui lomba ini, siswa SMK di Jawa Barat dapat menumbuhkan kepercayaan diri dan lulusannya lebih siap atau layak untuk berkerja. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Jabar yang telah menyelenggarakannya. Semoga disetiap perlombaan dapat kembali meraih prestasi membanggakan  di LKS tingkat nasional atau meraih juara umum,” pungkasnya.

Infromasi yang dihimpun koransinarpagijuara.com, sebagai tuan rumah perlombaan, pihak SMKN 1 Cimahi mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan dengan maksimal dan menyambut tamu para peserta dengan ramah & siap siaga untuk mensukseskan setiap perlombaannya.

Ada 5 mata lomba yang dilaksanakan di SMKN 1 Cimahi yang diikuti oleh 70 peserta dari kota / kabupaten yang sebagai perwakilannya. Lombanya terbuka untuk sekolah swasta dan negeri, perbandingannya jumlah pesertanya tidak jauh beda antara negeri dan swast. Sebelum mengikuti lomba para peserta diseleksi oleh MKKS atau melalui penunjukan langsung. Selanjutnya peserta yang terpilih mewakili Jawa Barat akan bersaing atau mengikuti lomba di Jawa Timur dengan perwakilan pelajar dari provinsi lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *