Gubernur Jateng Bersama Gubernur Jabar Lepas Rombongan Mudik Gratis dari Bandung

(Bandung)-, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas keberangkatan 852 perantau Jawa Tengah di Bandung yang akan mudik bersama, Senin (17/4/2023). Gubernur melepas keberangkatan rombongan Mudik Gratis 2023, ditandai dengan mengibarkan bendera start yang dilakukan bersama-sama dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil.

“Iya, waktu di Jakarta saya kontak Pak Heru Pj Gubernur DKI, tapi beliau ada acara, maka yang datang Pak Kapolda. Sama, saat saya mau ke sini (Bandung) saya juga kontak Kang Emil. Ketika saya masuk ke wilayah orang. Kang, saya mau melepas mudik. Kang Emil langsung bilang, aku temenin Mas, gitu,” ujar Gubernur menirukan respon Ridwan Kamil.

Selain Emil, acara pelepasan juga dihadiri Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. Bahkan, Hengky juga ikut menyumbang bus untuk dipakai warga Jawa Tengah yang mudik. “Ada empat bus disumbang dari Pak Hengky terima kasih sudah menyumbang untuk mudik warga Jawa Tengah yang ke Solo. Tentu ini menyenangkan,” imbuhnya.

Program Mudik Gratis bagi warga perantauan Jawa Tengah di Bandung tahun lalu juga diselenggarakan. Jadi tahun ini adalah kedua kalinya program mudik yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini, terlaksanakan di Jawa Barat. “Ternyata cukup banyak juga warga Jateng di Jabar ini,” ungkap Gubernur sedikit takjud.

Terkait penyelenggaraan Mudik Bareng, program ini sangat disambut antusias para para peserta. Berkat program ini, mereka bisa menengok kerabat di kampung halaman tanpa biaya. “Alhamdulillah seneng banget. Sudah lama belum pernah mudik pas hari H karena mahal. Biasanya mudik setelah lebaran. Karena tiketnya mahal,” ucap Nuryani (35) salah seorang peserta.

Nuryati mengaku, biasanya untuk sekali keberangkatan ke Wonogiri ia harus mengeluarkan biaya sebesar Rp500 ribu per orang. Sementara, ia sekeluarga berjumlah tiga orang. Ia merasa tidak mampu, jika harus membeli tiket pada mudik Lebaran menggunakan uang pribadinya.

Baca Juga :  Menjelang 24 September, Bupati Achmad Husein Mulai Pamitan ke Warga Banyumas

“Alhamdulillah ini ada mudik gratis, jadi membantu sekali. Uangnya nanti bisa untuk berlebaran di kampung halaman. Terima kasih Pak Ganjar, semoga setiap tahun ada mudik gratis seperti ini,” ucap Nuryati

Menyaksikan kebahagiaan yang terpancar dari wajah para peserta mudik gratis, Gubernur mengaku puas. Ia melihat kondisi sudah kembali pulih dari Pandemi. Bahkan selepas dari acara di Bandung, Gubernur langsung kembali ke Jakarta untuk bersiap-siap melepas rombongan para pemudi asal Jawa Tengah yang akan mudik gratis dengan kereta api dini hari nanti.

“Ada tiga trip, mulai pagi dini hari, siang, sampai sore. Jadi memang sudah kembali seperti sebelum pandemi. Saat ini mudiknya bisa ramai. Antusias masyarakat luar biasa tadi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *