Strategi Kepala Sekolah Berprestasi Lina S.Pd, M.T Sukseskan PPDB Terbaik 2024 di SMAN 1 Padalarang

(TEROPONG INDONESIA)-, Berbagai sekolah negeri di Jawa Barat menyiapkan strategi untuk mensukseskan “PPDB Terbaik 2024” yang menjadi tema Dinas Pendidikan Jawa Barat tahun ini. Lalu seperti apa strategi dari Kepala Sekolah berprestasi untuk mewujudkan target tersebut?…

Ajakan Pemerintah Provinsi Jabar untuk menyelenggarakan PPDB Terbaik 2024 yang lebih berintegritas dan mewujudkan tidak adanya jalur siswa titipan yang dipaksakan dengan melanggar aturan. Target itu mendorong berbagai sekolah di daerah untuk berbenah. Di antara sekolah tersebut adalah SMAN 1 Padalarang yang berhasil memperbarui hingga menyempurnakan sistem penerimaan peserta didik baru tahun ini di satuan pendidikan.

Kepala SMAN 1 Padalarang Bandung Barat, Lina, S.Pd., M.T menjelaskan beberapa langkah dan strategi yang telah terlaksana oleh SMAN 1 Padalarang untuk memastikan PPDB 2024 berjalan lancar dan bermutu tinggi, termasuk penyusunan pedoman PPDB di lingkungan satuan pendidikan.

“Sekolah telah menyusun pedoman yang jelas dan transparan mengenai proses PPDB, termasuk persyaratan pendaftaran, bobot penilaian, dan tahapan proses seleksi,” jelasnya Lina S.Pd, M.T Kepala Sekolah berprestasi yang sempat mendapatkan penghargaan di tingkat Provinsi dan Nasional kepada media cetak dan online Tabloid TEROPONG INDONESIA (10/7/2024)

SMAN 1 Padalarang memaksimalkan sosialisasi kepada calon siswa dan orang tua siswa tentang pedoman PPDB, baik melalui forum silaturahmi orang tua, komite sekolah, media sosial, atau situs web sekolah.

Adapun PPDB di SMAN 1 Padalarang tahun 2024 di terbagi dalam dua tahap. PPDB tahap 1 dimulai tanggal 3-7 juni 2024, selanjutnya PPDB tahap 2 dilaksanakan untuk pendaftaran dan submit dokumen persyaratan 24-28 Juni 2024.

Saat ditanya, apa saja yang sudah berhasil dilaksanakan selama PPDB tahun ini?… Lina, S.Pd., M.T, menyampaikan sebelum PPDB dimulai panitia sudah mendapatkan pelatihan dan bimtek kepanitiaan seleksi tentang integritas, keadilan, dan etika dalam melakukan evaluasi terhadap calon siswa. Hal itu penting untuk memastikan proses seleksi dilakukan dengan adil dan objektif.

Baca Juga :  Yayasan Pendidikan Islam Al Mansyur Dirikan Madrasah Aliyah Takhosus Al Qur’an Al-Azhar Abizar

“Misalnya pemeriksaan dokumen pendaftaran, panitia seleksi memastikan keabsahan dan kebenaran informasi yang disampaikan oleh calon siswa. Serta pemanfaatan sistem informasi untuk memfasilitasi proses pendaftaran secara online dan memantau perkembangan calon siswa selama proses PPDB,”ucapnya

Untuk pengawasan dan pengawalan, pihak sekolah telah melakukan pengawasan dan pengawalan ketat selama proses PPDB untuk mencegah adanya praktek-praktek tidak etis atau kecurangan.

“Pihak sekolah berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Dinas Pendidikan setempat atau lembaga terkait lainnya untuk memastikan bahwa proses PPDB harus berada dalam koridor regulasi yang berlaku,” terangnya.

Selain  itu, kami memberikan komunikasi yang jelas dan terbuka kepada semua pihak, termasuk calon siswa, orang tua, dan masyarakat umum, mengenai tahapan, jadwal, dan perkembangan terkait PPDB. Dan tetap merespon, jika ada keluhan dari para pendaftar yang tidak diterima, sebagai upaya memberikan layanan terbaik kepada semua pihak.

Dengan melakukan strategi-strategi tersebut, hasilnya SMAN 1 Padalarang lebih dapat menjalankan PPDB 2024 dengan lancar, adil, dan berintegritas, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ketika ditanya perihal upaya mencegah tentang jalur siswa titipan atau indikasi memaksakan siswa masuk sekolah negeri dengan melanggar aturan?… Lina S.Pd, M.T mengungkapkan pihak sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, operator hingga satpam secara bersama-sama komitmen untuk mengikuti aturan.

“Walaupun sampai saat ini masih ada orang-orang yang hendak memaksakan siswa masuk ke sekolah negeri. Alhamdulillah semua dapat dicegah, karena diawali komitmen dari semua pihak yang memiliki kebijakan hingga pelaksana kebijakan, serta peran media massa yang secara masif menyadarkan publik untuk mewujudkan “PPDB Terbaik 2024, Tanpa Siswa Titipan”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *