Teliti Buah Kasturi Sebagai Peningkat Imun, Siswa MAN IC Tanah Laut Juara LKTI Nasional

TEROPONG INDONESIA-, Dua siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Tanah Laut unjuk prestasi di kancah riset nasional. Keduanya meneliti buah Kasturi, tanaman asli Kalimantan Selatan yang memiliki aroma dan rasa yang khas, dan menjadikannya sebagai produk Effervescent yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun.

Dua siswa MAN IC Tanah Laut ini adalah Najwa Amalia (Kelas XI C) dan Anjuma Wafa Syaima (Kelas XI B). Riset keduanya didaulat sebagai juara Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat siswa Nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia (HIMAPEMIA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi.

LKTI dilaksanakan sejak awal Februari 2024 secara online. Babak final berlangsung pada 17 Februari 2024. Riset Najwa dan Anjuma mengangkat tema “Formulasi Si ‘EKAPESIM’: Efffervescent Kasturi (Mangifera casturi Kosterm) Peningkat Sistem Imun”.

“Kami berpikir bahwa buah Kasturi yang memiliki rasa manis asam dengan kandungan antioksidan tinggi bisa dijadikan produk minuman Effervescent yang difungsikan sebagai peningkat sistem imun,” jelas Najwa saat dihubungi melalui telepon, Senin (19/2/2-24).

Mereka berdua juga melakukan kajian literatur dan menemukan banyak manfaat dari tanaman Kasturi, terutama di bidang kesehatan. Dengan metode penelitian kuantitatif dan deskriptif, serta dengan melalui berbagai uji (uji organoleptik, uji kadar air, uji kecepatan alir, uji sudut diam, uji waktu dispersi, uji DPPH, dan uji hedonik), mereka menyimpulkan bahwa Kasturi bisa menjadi peningkat imun dengan beberapa formulasi effervescent berbahan aktif ekstrak kasturi.

“Alhamdulillah LKTI kami mendapatkan juara I. Awalnya pendaftar LKTI ini ratusan. Kemudian diseleksi hingga 10 peserta sebagai finalisnya. Alhamdulilah kami mendapatkan juara satu. Mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat,” jelas Najwa dan Anjuma.

Baca Juga :  Disdik Kota Bandung Gercep Fasilitasi Siswa Baru Yang Rawan Melanjutkan Pendidikan

Selain MAN IC Tanah Laut, MAN 2 Model Medan, MAN 1 Kediri dan MAN 1 Kudus juga masuk dalam jajaran finalis LKTI 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *