Politisi Bayar Tunggakan Biaya Pendidikan Siswa Yang Ijazahnya Tertahan di Sekolah

TEROPONG INDONESIA-, Masih adanya penahan ijazah oleh sekolah menjadi fokus perhatian dari Perkumpulan Kepala Sekolah SMA Swasta Kota Bandung di awal tahun 2024.

Ricky Suryadi S.H, M.Si Ketua Perkumpulan Kepala Sekolah SMA Swasta Kota Bandung menjelaskan pada triwulan 1 tahun 2024, SMA Swasta dihadapkan dengan kabar para orang tua siswa yang mengeluh karena ijazah anaknya tertahan di sekolah. Hal itu langsung disikapi oleh organisasi kepala SMA Swasta di Kota Bandung.

“Pada dasarnya sekolah tidak mempersulit siswa atau wali murid mengambil ijazah yang menjadi haknya. Namun ada syarat yang harus ditempuh, jika orang tua tersebut keberatan atau tidak mampu membayar tunggakan biaya pendidikan yang disepakati sejak awal masuk sampai lulus. Karena biaya tersebut sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan atau oprasional sekolah yang tidak tercukupi seluruhnya oleh bantuan dari pemerintah daerah atau pusat. Sehingga harus ada dukungan biaya yang bersumber dari orang tua murid,”jelasnya kepada media cetak dan online TEROPONG INDONESIA di ruang kerjanya (19-2-2024).

Ricky Suryadi S.H, M.Si saat menjelaskan filosofi tokoh pewayangan yang merupakan bagian dari program profil pelajar pancasila

Menurutnya ada beberapa orang dari berbagai partai politik atau politisi, mereka berupaya membantu para orang tua murid dengan mengkomunikasikan ke pihak sekolah. Hasilnya ada kesepakatan biaya tunggakannya dibayar oleh orang partainya, walaupun tidak seluruhnya. Setelah itu ijazahnya langsung diberikan.

Ricky Suryadi S.H, M.Si menceritakan ada kepala sekolah yang memberikan langsung ijazahnya kepada siswa yang masih memiliki biaya tunggakan, tanpa sepengetahuan Yayasan yang menaungi sekolahnya. Akhirnya harus menangung biaya tunggakan itu dengan pemotongan gajihnya. Maka sudah semestinya pihak orang tua yang merasa keberatan dengan tunggakan biaya pendidikan menyiapkan syarat yang diminta Yayasan untuk membebaskan biaya itu.

 

Baca Juga :  Sukseskan Multiple Language, SD NU Master Sokaraja Undang Native Speaker Amerika Serikat Ms. Gabriella Cowins

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *