HPN 2024, Lina S.Pd, M.T: “Media Massa & Sekolah, Seharusnya Berkolaborasi Tanpa Memaksa dan Mengancam”

TEROPONG INDONESIA-, Hari Pers Nasional /HPN 2024 yang akan diperingati pada tanggal 9 Febuari 2024 menjadi momen khusus bagi berbagai pihak memberikan masukan untuk kemajuan media massa. Seperti halnya dari Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMA Bandung Barat, Lina S.Pd, M.T yang mengharapkan kepada mereka yang berprofesi sebagai wartawan untuk tidak bersikap memaksa atau mengancam-ancam terhadap narasumber dalam proses kinerja jurnalistiknya.

Menurutnya Pers / media massa yang sebenarnya, otomatis terjalin dengan kami sebagai organisasi para kepala sekolah. Menjadi mitra kerja, karena sebagai intansi pemerintah yang menjalankan program positif dari pelaksanaan program Dinas Pendidikan dan Kementrain Pendidikan. Harus dipublikasi agar diketauhi oleh masyarakat luas dengan menjalin simbiosis mutualisme antara sekolah dengan media massa.

“Selain itu karya jurnalistik juga dapat menjadi jejek digital, arsip atau track record tentang capain program sekolah untuk kemajuan pendidikannya”, jelasnya kepada media cetak dan online Koran SINAR PAGI di ruang kerjanya (7-2-2024)

Lina S.Pd M.T mengungkapkan perihal peran media massa yang mengkritisi sekolah, itu tidak jadi masalah. Jika yang disampaikannya benar, bukan sebaliknya. Asal menuduh atau hanya mencari-cari kesalahan yang justru mengakibatkan hubungan yang tidak baik. Maka yang seperti itu harus diminimalisir agar tidak menghambat proses peningkatan mutu pendidikan atau menggangu kepala sekolah.

Lina S.Pd M.T menceritakan bahawa selama ini kepala sekolah merasa masih ada dari pihak wartawan yang memilih memaksa narasumbernya, bahkan mengancam melaporkan atau pengaduan masyarakat ke Polres di daerah, sehingga membuat gaduh. Sebetulnya jika terjalin silahturahmi dan komunikasi yang baik, maka akan ada solusi dari setiap masalahnya.

“Misalnya ada yang mempermasalahkan penggunaan dana BOSP/BOPD. Padahal sekolah sudah diperiksa secara rutin oleh pihak Dinas Pendidikan atau Inspektorat, kalau ada temuan BPK yang akan memeriksa lebih lanjut. Maka jangan khawatir, kalau sesuai aturan dalam penggunaan keuangannya,”ucapnya.

Baca Juga :  PPDB 2024 Terbaik, Tanpa Titipan?…

Menurutnya sebagai kepala sekolah seharusnya membangun kerjasama yang baik dengan wartawan, karena hal itu juga dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat dengan kolaborasi bersama media massa. Khususnya wartawan dari media massa yang menjalankan profesinya dengan etika yang sangat baik untuk menghasilkan karya jurnalistinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *