Banyumas Kabupaten Kreatif Indonesia 2023

TEROPONG INDONESIA-, Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menerima penghargaan Kabupaten Kreatif 2023 dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salhuddin Uno di Hotel Trans Luxury Bandung, Jawa Barat, Rabu (13/12/2023). Pada kesempatan ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan surat keputusan dan plakat kepada lima Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2023, salah satunya adalah Banyumas dengan Kategori Seni Pertunjukan. Penghargaan KaTa Kreatif merupakan langkah awal dalam mewujudkan Banyumas sebagai kabupaten kreatif yang mampu membawa perubahan dan peningkatan dalam sektor seni pertunjukan ke kancah Internasional.

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro
mengatakan, penghargaan ini adalah bukti pengakuan dan kebanggaan bersama. Ini menunjukkan komitmen kuat masyarakat Kabupaten Banyumas dalam menggali potensi sektor seni pertunjukan.

“Penghargaan KaTa Kreatif ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Banyumas untuk terus berinovasi dan mengembangkan potensi kreatif di berbagai bidang, termasuk ekonomi, budaya, kuliner, serta industri kreatif lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Setia Rahendra mengatakan penetapan kabupaten kreatif di tingkat nasional akan diteruskan dengan pendaftaran pada program KaTa Kreatif Dunia yang dikembangkan oleh Kemenparekraf. Program ini merupakan Langkah awal untuk menuju pendaftaran UCCN 2023.

“Selain Banyumas Kabupaten Kota yang meraih Penghargaan yaitu Kabupaten Batang, Sleman, Kota Makasar dan Pangkalpinang. Penghargaan Kabupaten/ Kota Kreatif ini bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar. Sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi semakin terbuka luas,” jelasnya

Rahendra menambahkan bahwa penghargaan ini diperoleh setelah melalui beberapa tahapan pengisian kuesioner, wawancara, uji petik di lapangan dengan para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Banyumas beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Rusun Fasilitas Lengkap di Jakarta, Sewanya Cuma Rp10.000 Per Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *