1.516 Siswa SMKN 3 Cimahi Ikuti Penilaian Sumatif Akhir Semester, ini Harapannya

Siswa SMKN 3 Cimahi tengah mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) ganjil tahun ajaran 2023/2024.

CIMAHI – Seluruh siswa SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat mengikuti Penilaian Sumatif Akhir Semester (PSAS) ganjil tahun ajaran 2023/2024.

Tak terkecuali di SMKN 3 Cimahi. Sebanyak 1.516 siswa melaksanakan PSAS mulai Senin hingga Kamis (4-7 Desember 2023) yang terbagi di 23 ruangan. “PSAS di sini dibagi dua sesi. Sesi pagi sampai pukul 10.30 WIB dan sesi siang sampai pukul 14.30 WIB,” ungkap Wakil Kepala SMKN 3 Cimahi Bidang Kurikulum, Eni Apriani saat ditemui di sekolah, Kamis (7/12/2023).

Eni menuturkan, pihak sekolah pun sudah menyiapkan jadwal penilaian susulan bagi peserta didik yang tidak hadir karena sakit, yakni di hari Jumat dan Senin besok.

PSAS di SMKN 3 Cimahi, tambahnya, sudah berbasis daring dengan menggunakan jaringan lokal sekolah. Sehingga, siswa tidak memiliki kesempatan untuk mencari jawaban dengan berselancar di internet.

Ketua Panitia PSAS SMKN 3 Cimahi tersebut menjelaskan, tujuan penilaian ini tidak berfokus pada nilai yang diperolah siswa, melainkan mengevaluasi pembelajaran.

“Jadi, sejauh mana kita sebagai guru sudah memberi materi pembelajaran yang dipahami oleh siswa. Ini adalah proses evaluasi apakah materi pembelajaran tersampaikan dengan baik atau belum,” katanya.

Sehingga, imbuhnya, guru bisa mengevaluasi dan memperbaiki metode pembelajaran di semester depan.

Baca Juga :  Pertama di Indonesia, Microlibrary Alun-alun Bandung Usung Literasi Antikorupsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *