Creative Movement : “Alan Firid Aryadi Raih Juara II Lomba Poster Digital”

TEROPONG INDONESIA-, Creative Movement, sebuah even lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang (UNP) untuk pelajar dan mahasiswa se-Indonesia, telah sukses menarik perhatian para generasi muda. Lomba ini mempertandingkan kreativitas dalam tiga cabang lomba untuk kategori pelajar SMA/SMK/MA, yaitu poster digital, infografis, dan fotografi. Pendaftaran dan penilaian lomba dilaksanakan mulai tanggal 25 Oktober hingga 25 Desember 2023, dengan pengumuman juara pada tanggal 4 Desember 2023.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah prestasi Alan Firid Aryadi, seorang siswa SMA Negeri 1 Maos, yang berhasil meraih Juara II lomba poster digital dengan tema “Generasi Milenial Peduli Lingkungan Sekitar”. Poster yang dibuat oleh Alan berjudul “Milenial Bisa Bantu UMKM”. Dalam poster tersebut, Alan menyampaikan pesan tentang peran generasi milenial dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurut Alan, data nasional pada tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 72,76% penduduk laki-laki dan 62,91% penduduk perempuan usia 5 tahun ke atas memiliki handphone. Hal ini mengindikasikan bahwa hampir seluruh penduduk di Indonesia aktif dalam dunia maya, terutama generasi milenial. “Pemahaman teknologi generasi milenial dapat menjadi kunci dalam membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama UMKM,” katanya.

Alan juga menjelaskan bahwa generasi milenial dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dengan berbagai cara, seperti membangun situs web, berjualan secara online, dan memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Kreativitas dan pola pikir inovatif dari generasi milenial dapat menghasilkan ide-ide baru untuk produk dan layanan UMKM, membantu dalam pengembangan produk yang lebih menarik, dan memahami tren terbaru serta kebutuhan konsumen.

“Generasi Z dan milenial memiliki koneksi sosial yang luas melalui platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu mereka membangun jaringan bisnis yang kuat, berkolaborasi dengan orang lain, dan mendapatkan wawasan tentang praktik terbaik,” ungkap Alan.

Baca Juga :  Mengintip Cara Sederhana SMPN 18 Bandung Hadirkan Sekolah Bebas Sampah

Keberhasilan Alan Firid Aryadi mendapatkan Juara II dalam Creative Movement tahun 2023 menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMA Negeri 1 Maos. Kepala SMA Negeri 1 Maos, Amin, S.Pd., M.Pd, menyampaikan semangat dan dukungannya, “Semangat terus untuk menjadi juara dan membantu para UMKM,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan  pembimbing Alan, yaitu Agus Darwanto, B.Sc., M.Pd., yang menyatakan kebanggaannya atas pencapaian siswanya. “Harapan ke depan adalah semakin banyaknya para pelajar, terutama generasi milenial dan generasi Z, yang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan aktif berkontribusi dalam pembangunan ekonomi melalui berbagai inovasi yang mereka miliki,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *