Menpora Dito Bagi 3 Tips Agar Gerakan Pramuka Semakin Diminati Generasi Z

(TEROPONG INDONESIA)-, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berbagi tips agar Gerakan Pramuka semakin digandrungi oleh Generasi Z. Sedikitnya, ada tiga hal penting yang harus dilakukan agar minat menjadi anggota Pramuka terus tumbuh.

Demikian disampaikan Menpora Dito saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) XI Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2023 di Balee Meusreya Aceh, Banda Aceh, Sabtu (2/12). Menpora Dito hadir mewakili Presiden Joko Widodo.

“Saya ada beberapa tips agar organisasi Pramuka bisa semakin digandrungi oleh generasi Z. Pertama, perhatikan dahulu potensi generasi Z, jangan fokus hanya memberikan tugas kepada generasi ini,” ujar Menpora Dito.

Tips kedua, disampaikan Menpora Dito adalah agar bagaimana senior dari Gerakan Pramuka ini dapat menemukan cara agar tugas-tugas yang diberikan kepada Generasi Z bisa dibuat lebih menantang dan menyenangkan.

“Kemudian yang ketiga adalah, kita harus memberikan kesempatan-kesempatan baru agar mereka ini bisa melahirkan gagasan sekaligus gerakan baru,” jelas Menpora Dito.

Lebih lanjut, Menpora Dito menegaskan Pramuka harus menjadi tempat yang bersahabat bagi Generasi Z. Menpora Dito berpesan agar setiap anggota Pramuka mengutamakan kepentingan bersama, ketimbang kepentingan pribadi.

“Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari pada seribu teman yang mementingkan diri sendiri. Dan saya disini selaku Menpora siap untuk menjadi sahabat sejati Pramuka,” terang Menpora Dito.

Disamping itu, Menpora Dito juga mengingatkan jika Generasi Z yang kini aktif dalam kegiatan Pramuka mempunyai karakteristik unik dan perlu diperhatikan.

“Mereka adalah generasi yang jago teknologi, memiliki pengetahuan yang luas, pintar membangun jaringan, punya  kreatifitas tinggi, berorientasi tujuan dan bisa berpikir global,” papar Menpora Dito.

Pada era sekarang ini, Generasi Z juga bisa melakukan transformasi organisasi Pramuka agar lebih canggih dan relevan. Mereka terobsesi dengan pengembangan diri dan sangat antusias membuat inovasi.

Baca Juga :  Sekolah Swasta Gratiskan 10% Pelajar Dhuafa & Pendirian Sekolah Negeri Perlu Kordinasi

“Maka dari itu, sebagai senior, sebagai kakak-kakak Pramuka, kita harus memberikan ruang yang sebebas-bebasnya  untuk mereka berkarya,” pungkas Menpora Dito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *