3.850 Hektare Sawah di Sumedang Diasuransikan

(TEROPONG INDONESIA)-, Luas areal sawah di Kabupaten Sumedang yang sudah masuk menjadi peserta Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) pada tahun 2023 mencapai 3.850 hektare. Luas areal tersebut tersebar di semua wilayah di Kabupaten Sumedang.  AUTP merupakan program pemerintah dengan tujuan memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan, dan serangan organisme pengganggu tumbuhan.

“Jadi dengan masuk menjadi peserta AUTP maka petani akan terlindungi dimana mereka akan mendapafkan ganti rugi dari pihak Asuransi bila terjadi gagal panen yang besarnya Rp 6 juta per hektar,” kata Kepala Bidang Prasana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP)  Sumedang Hendri Gumilar, Senin 27 November 2023.

Adapun besarnya premi yang harus dibayar besarnya Rp 180 ribu per hektare per musim tanam. Dalam pelaksanaannya premi tersebut disubsidi pemerintah pusat 80% dan Pemerintah Kabupaten Sumedang 20%. “Petani tidak bayar sendiri,” katanya.

Menurut Hendri, untuk tahun 2023 ini dari 3850 hektare areal pertanaman padi yang sudah terdaftar menjadi peserta AUTP, seluas 16,98 hektare tahun ini diajukan guna mendapatkan ganti rugi akibat gagal panen akibat kekeringan. Areal tersebut tersebar di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Tanjungmedar aeluas 8,63 hektare, Kecamatan Surian seluas 7,1 hektare dan Kecamatan Tanjungkerta seluas 1,25 hektare. “Untuk areal di 3 kecamatan ini kini sedang berproses guna mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi dalam hal ini PT Jasindo,” katanya.

Baca Juga :  Tekankan Kesejahteraan Pengusaha & Buruh Egaliter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *