Ngater Anak Paud Dapat Lulus Ijazah SMA

(Teropong Indonesia)-, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) meluncurkan program Ternak Panda Lima akronim dari Ngater Anak Paud Dapat Lulus Ijazah SMA.

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Pj Bupati Banjarnegara didampingi Kepala Dindikpora di Aula Ki Hajar Dewantara Dindikpora Banjarnegara, Kamis (12/10/2023).

Kepala Dindikpora Banjarnegara, Teguh Handoko mengatakan, diluncurkannya program tersebut guna meningkatkan rata-rata lama sekolah yang menjadi salah satu indikator dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Program ini untuk mendongkrak rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara,” ujarnya

Teguh menjelaskan, program Ternak Panda Lima ini muncul melihat adanya fenomena para orang tua yang mengantar dan menunggui anaknya sekolah di PAUD.

Dari informasi yang diperoleh dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan sekolah PAUD, belum semua orang tua murid yang rata-rata usianya 24 tahun ke atas mendapatkan jenjang pendidikan minimal jenjang SMA.

Melalui program ini dia berharap dapat memperluas akses pendidikan bagi masyarakat dimanapun berada untuk mendapatkan pendidikan terpadu kesetaraan.

“Oleh karena itu, melalui program ini para orang tua murid bisa memanfaatkan waktu saat menunggui anaknya sekolah untuk mengenyam pendidikan kejar paket kesetaraan,” terangnya

Selanjutnya Teguh menyampaikan, meskipun mengalami peningkatan, untuk rata-rata lama sekolah di Banjarnegara masih rendah. Angka rata-rata lama sekolah naik 1,33% dari 6,75 tahun di tahun 2021 menjadi 6,84 tahun pada 2022. Angka tersebut menunjukan rata-rata masyarakat menempuh pendidikan hanya sampai jenjang SD

Sedangkan rata-rata lama sekolah tingkat nasional pada tahun 2022 sudah mencapai 8,69 tahun atau sampai jenjang SMP.

“Ini menunjukan masih banyak anak putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya

Baca Juga :  Komitmen Wujudkan Akuntabilitas Transparansi Keuangan Daerah, bank bjb Cimahi Implementasikan KKPD pada Pemkot Cimahi

Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto menuturkan, dengan adanya program Ternak Panda Lima maka upaya percepatan peningkatan rata-rata lama sekolah di Kabupaten Banjarnegara bisa terwujud.

“Meningkatnya rata-rata lama sekolah maka akan berdampak pula dengan meningkatnya IPM di Kabupaten Banjarnegara,” ujarnya

Salah satu indikator yang dapat mengukur tingkat pendidikan suatu daerah adalah rata-rata lama sekolah, yaitu jumlah tahun rata-rata yang dihabiskan oleh seseorang untuk menyelesaikan pendidikan. Semakin tinggi rata-rata lama sekolah, semakin tinggi pula tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat.

“Rata-rata lama sekolah berpengaruh terhadap produktivitas, kesejahteraan, dan daya saing daerah,” imbuhnya

Pada kesempatan ini, Tri Harso juga menyampaikan, pendidikan adalah kunci untuk memajukan bangsa dan daerah. Pendidikan menjadi investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat bagi generasi mendatang.

“Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk memberikan akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Mari kita jadikan pendidikan sebagai prioritas pembangunan daerah untuk mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *