Gubernur Jateng Resmikan Akses Air Bersih Bagi MBR di Kampung Laut

Teropong Indonesia (Cilacap)-, Sebagai upaya dan peran serta pemerintah dalam memberikan fasilitas berupa air bersih secara merata kepada masyarakat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara langsung meresmikan akses air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di wilayah Desa Panikel, Kecamatan Kampung Laut. Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan keran air oleh Gubernur Jateng di salah satu rumah warga dengan didampingi oleh Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar.

Selain meresmikan Program Hibah Air Bersih, Kunjungan Gubernur Jateng di Desa Panikel pada Kamis (10/08/2023) tersebut juga bertujuan untuk meresmikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kecamatan Kampung Laut, Pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kawasan Gandrungmangu serta Penyerahan Sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Cilacap.

Disamping itu, Gubernur Jateng juga membagikan sebanyak total 50 paket sembako untuk warga kurang mampu serta 50 tas dan peralatan sekolah bagi anak dari keluarga kurang mampu di Desa Panikel dan Desa Ujung Gagak.

“Saya tadi melihat senang sekali karena bantuan dari Kementerian PUPR yaitu jaringan air bersih alhamdulillah sudah jadi. Saya tadi tanya ke ibu pemilik rumah biasanya airnya beli. Ada sekitar 7.000 yang sudah mulai diberikan saluran air maka insyaAllah kebutuhan air bersihnya akan bisa terpenuhi dan bagus,” ucapnya.

Gubernur Jateng juga berharap dengan adanya kemudahan akses air bersih ini akan merubah pola hidup masyarakat setempat menjadi lebih baik dan lebih sehat.

“Itu penting nanti untuk menjaga kesehatan. Saya berharap agar nanti betul-betul bisa dirawat, sehingga kebutuhan air bersih sudah tidak repot lagi, dan ini gratis,” tegasnya.

Selanjutnya Gubernur juga berpesan kepada masyarakat terkait program penekanan angka stunting yang harus dimulai dari pola hidup masyarakat di daerah miskin ekstrim yang masih cenderung kurang sehat.

Baca Juga :  Komisi V DPRD Jabar Pastikan Proses PPDB di Kabupaten Bogor Berjalan On The Right Track

“Tadi saya tanya kepada yang menerima bantuan ternyata buang air besarnya masih di kali. Mulai sekarang jangan lagi ada yang buang air besar di sungai atau di kali. Semoga dengan diresmikannya jaringan air ini akan menjadi manfaat buat rakyat, jaga kehidupan yang bersih, dan sering cuci tangan pakai sabun,” pesannya.

Sebelum tiba di Desa Panikel, Gubernur juga berkesempatan melakukan peninjauan di UPT Puskesmas Majenang 2 dilanjutkan peninjauan pembangunan jalan di Kecamatan Kedungreja. Usai kunjungan ke wilayah Cilacap bagian barat, Gubernur Jateng juga turut hadir dalam Jateng Bersholawat bersama dengan Habib Ali Zaenal Abidin Assegaf pada Kamis (10/08/2023) malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *