6 Pilar Smart City: “Smart Governance, Society, Living, Economy, Environment & Branding”

Teropong Indonesia (Cilacap)-, Sebagai bukti komitmen dari Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam mendorong transformasi kota menuju ke arah yang lebih cerdas, berkelanjutan, dan berinovasi, Pj. Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City di Hotel Aston Inn pada Selasa (20/6/2023).

Pj. Bupati Cilacap sangat menyambut baik adanya Smart City karena dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Cilacap. Pemanfaatan teknologi dalam penerapan Smart City juga harus yang dapat dipahami dan digunakan oleh masyarakat Kabupaten Cilacap pada umumnya.

“Dalam smart city, tujuannya itu masyarakat bahagia dan sejahtera. Kalau bicara teknologi untuk mendukung smart city, semua harus paham. Yang membuat harus paham, masyarakatnya juga harus paham. Kemudian manfaatnya juga harus dilihat baik atau buruk, kalau baik harus bisa mempercepat, menyederhanakan, membuat lebih transparan kalau buruk data pribadi bisa tersebar,” ucapnya.

Dengan mengusung enam pilar konsep pengembangan smart city yaitu smart governance, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart branding maka Pj. Bupati berpesan agar diterapkan dengan sebetul-betulnya.

“Berarti masyarakat harus pintar. Pintar dalam arti mereka bisa mandiri kemudian juga punya kemampuan ekonomi. Mengenai lingkungan kita harus bisa mengelola, misal mengelola sampah atau limbah menjadi sesuatu yang bisa digunakan bahkan punya nilai ekonomi. Itu adalah salah satu yang nantinya akan kita susun bersama,” jelasnya.

Pj. Bupati juga mengajak kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan masterplan Smart City tersebut. “Karena ini bentuk kolaborasi, tidak hanya OPD tetapi ada Forkopimda dan nanti juga ada swasta serta akademisi. Kita bersama-sama membangun konsep, konsepnya mungkin justru berkaca dari potensi yang kita punya,” kata Pj. Bupati.

Baca Juga :  Harmusindo 2023, Setjen DPR RI dan AMI Gelar Lokakarya ‘Pengelolaan Arsip Keluarga’

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Cilacap Supriyanto selaku Penyelenggara acara tersebut serta Perwakilan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Hafni Septiana selaku Koordinator Tim Gerakan Menuju Smart City Cilacap. Selain itu, Bimtek yang akan dilaksanakan selama dua hari hingga Rabu (21/6/2023) tersebut diikuti oleh Forkopimda, OPD se-Kabupaten Cilacap, Pemerintah Kecamatan, akademisi, serta undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *