Tahun ke 98 RSUD Banyumas, Bupati Husein Resmikan Cath Lab & Unit Tranfusi Darah

Teropong Indonesia (Banyumas)-, Seluruh civitas hospitalia RSUD Banyumas merayakan hari kelahiran RSUD Banyumas ke 98 yang jatuh pada Minggu tanggal 30 April 2023 di halaman rumah sakit setempat. Kegiatan dihadiri oleh ratusan civitas hospitalia, juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Sekda Banyumas dan asistenya, kepala OPD, Camat se Kabupaten Banyumas dan undangan lainya.

Bupati Banyumas Achmad Husein dengan didampingi Ketua DPRD dr Budhi Setiawan, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono, Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Wahyu Budi Saptono dan undangan lainya menghadiri puncak acara peringatan ulang tahun ke 98 RSUD Banyumas Minggu 30 April 2023. Ulang tahun diisi4 berbagai kegiatan mulai tari tradisional, menyanyi koor dan diakhiri dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati bersama undangan dan civitas hospitalia RSUD Banyumas.

Selanjutnya Bupati Banyumas didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Erna Husein dan undangan lainya meresmikan Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskuler, Catheterization Laboratory (Cath Lab) atau kateterisasi jantung dan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit di RSUD Banyumas.

Direktur RSUD Banyumas dr Dani Esti Novia mengatakan penyediaan layanan instalasi tersebut merupakan bagian dari inovasi untuk menambah fasilitas layanan yang belum ada di RSUD Banyumas, salah satunya fokus pada penanganan jantung.

“Dengan instalasi ini, penanganan penyumbatan pembuluh pada jantung tidak perlu dengan operasi bedah, cukup menyuntikan alat ke pembuluh darah di lengan tangan untuk menghancurkan atau melancarakan sumbatan di pembuluh darah jantung,” ucapnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku sejak berpasangan dengan dr Budhi Setiawan dan Sadewo Tri Lastiono terus mendukung kemajuan dan perluasan layanan di RSUD Banyumas. Termasuk mengusahakan RSUD Banyumas bisa menghadap ke Jalan Nasional.

Baca Juga :  Baznas Bersama PLN ULP Gombong Bedah Rumah Warga Tambak Banyumas

“Perjuangan kami dari tahun ke tahun sejak masih bersama dengan Pak dr Budhi hingga Pak Sadewo terus berupaya memfasilitasi pelayanan kesehatan untuk membantu masyarakat yang sakit,” katanya.

Untuk itu ia meminta jajaran civitas hospitalia untuk dapat menyampaikan capaian capaian yang dilakukan kepada publik untuk meningkatkan trust dan kepercayaan.

“Untuk menjadi RSUD seperti sekarang ini tidaklah “cempuleg atau ujug-ujug. Dan kami bersama Pak Budhi dan Pak Dewo selalu berkomitmen untuk menjadikan RSUD Banyumas menjadi yang terbaik. Termasuk akan membuat Muka Rumah Sakit menghadap jalan nasional, Alhamdulillah proses sudah selesai, tinggal tahap pembangunan,” katanya.

Pada saat meresmikan bahkan Bupati Husein berniat ikut mendonorkan darahnya. Namun karena masih dalam taraf pengobatan akhirnya tidak jadi diambil darahnya. Saat berkunjung ke Cath Lab, dijelaskan bahwa Catheterization Laboratorium Jantung adalah suatu pelayanan yang dilakukan di ruangan laboratorium kateterisasi jantung untuk dilakukan tindakan invasif non-bedah pada penyakit jantung, sebagai penegakan diagnosa dan sebagai intervensi/terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri dengan menggunakan kateter kecil.

Bupati berharap, dengan adanya instalasi tersebut, masyarakat di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya yang memiliki permasalahan pada jantung bisa tertangani di Banyumas, tidak perlu ke rumah sakit yang jauh, apalagi ke luar negeri.

“Saya pernah bertanya kepada Duta Besar Singapura apa perbedaan RS disana, menurutnya sama cuma Image saja dari apa yang tanpaj dan kesan yang berbeda. Karena sama saya minta jajaran rumah sakit harus bisa memberi kesan membuat kesan dan image RSUD Banyumas memiliki trust yang tinggi. Bila perlu dokter harus terus belajar kepada yang lebih ahli,” kata Bupati Husein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *