Egi Nugraha S.Sy: “Abdurrahman bin Auf Menjadi Teladan Meraih Berkah Dengan Konsep Usaha Berjama’ah”

(Bandung)-, Organisasi menjadi ruang berkumpul menyatukan kekuatan untuk mencapai visi atau misi jangka panjang. Melalui berorganisasi diharapkan dapat memberikan kemanfaatan yang berlipat untuk setiap anggota, relasi profesi, birokrasi, dunia usaha atau masyarakat umum.

Dalam rangka membangun kesinergisan program kerja dan keharmonisan antar anggota untuk kemajuan organisasi profesi “Jurnalis Independen Bersatu”, menyelenggarakan acara Buka Bersama di Ramadhan 1444 Hijriah dan Launching program “Pelestarian Bahasa Daerah dan Penguasaan Bahasa Asing Melalui Media Massa Berbasis Jurnalistik”. Acara terlaksana di kantor sekretariat Organisasi Profesi Jurnalis Independen Bersatu, Jl-Terusan Al Fathu, Kopo KM 17, Linggahara II, F12, Soreang Bandung (5/4/2023)

Ustadz Egi Nugraha S.Sy penyuluh agama di Kemenag Kabupaten Bandung hadir sebagai penceramah menyampaikan tema “Meraih Berkah Dengan Konsep Usaha Berjama’ah”.

Menurutnya dalam berbisnis harus menerapkan sistem keyakinan atau believe system. Misalnya dari hasil analisa pembisnis berdasarkan geografis, saat itu Kota Makkah dan Madinah banyak membutuhkan kebutuhan pokok dibandingkan dengan pertanian. Maka dari itu, dengan keyakinannya Abdurrahman bin Auf memulai bisnis kebutuhan pokok.

Selanjutnya menjadikan penduduk Madinah sebagai partner bisnis melalui strategi membangun sistem bisnis. Abdurrahman bin Auf membangun sistem dalam bisnis. Ini untuk memudahkan dalam menjalankan bisnisnya.

“Tidak semua bisnis bisa digeluti sendiri, ada kalanya memerlukan partner untuk menunjang aktivitas bisnis lebih baik. Hal ini juga dilakukan oleh Abdurrahman bin Auf yang kala itu mengajak kaum Anshar (Madinah) untuk berbisnis kebutuhan pokok,”jelasnya

Selain itu, menjual barang dengan kualitas terbaik harus menjadi prioritas dan tujuan. “Hal itu berdasarkan pengalaman saat melihat tata cara Rasulullah SAW dalam berdagang, Abdurrahman bin Auf mempraktekannya dengan menjual barang-barang bisnisnya dengan kualitas yang terbaik,”ucapnya

Baca Juga :  Jelajah Konservasi dan Digitalisasi 43 Tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Ustadz Egi Nugraha S.Sy juga mengingatkan pentingnya membangun Super Tim. “Dalam berbisnis pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu, Abdurrahman bin Auf memilih SDM terbaik sehingga dapat membangun super tim. Maka pentingya sebagai pimpinan atau pengusaha jangan sampai salah menempatkan atau memilih karyawannya,”ucapnya

Selanjutnya ialah menjadi pemimpin atau pengusaha yang terpercaya dengan sikap Jujur yang menjadi kunci dalam kesuksesan berbisnis. Abdurrahman bin Auf terkenal sebagai pebisnis yang jujur, sehingga dirinya dipercaya oleh banyak orang.

Di akhir isi ceramahnya, Ustadz Egi Nugraha S.Sy juga mengingatkan agar pembisnis gemar bersedekah. Karena sedakah yang dilakukan sebagai wujud syukur atas nikmat dari hasil bisnisnya. “Dalam menjalankan bisnisnya, Abdurrahman bin Auf getol/terbiasa bersedekah. Kesadaran bersedekah sebagai bagian dari bersyukur, kedua amal itu tidak membuat hartanya berkurang, namun terus bertambah,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *