Inspirasi Dari Pengalaman Takjiah, 54 Guru di PGRI Banyumas Ikuti Bimtek Pemulasaraan Jenazah

(Banyumas)-, Menambah bekal pengetahuan pemulasaraan jenazah muslim dan muslimah di kalangan masyarakat, 54 guru perwakilan PGRI Cabang se- Kabupaten Banyumas ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemulasaraan Jenazah, Kamis, (5/4/2023). Bertempat di Gedung Guru Banyumas, kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 Wib.

Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd.,S.H.,M.Si. mengungkapkan, kegiatan Bimtek Pemulasaraan Jenazah terinspirasi dari pengalaman takjiah yang ternyata kondisi jenazah seperti diabaikan karena warga sekitar belum terbiasa merawat jenazah. Ia berharap, setelah pulang dari kegiatan Bimtek, peserta memiliki pemahaman dan pengetahuan dasar tata cara merawat jenazah.

“Kegiatan ini terinspirasi pada suatu saat takziah, jenazah belum dirawat. Itu ternyata disebabkan warga sekitar belum terbiasa merawat jenazah. Oleh karena itu, kami merasa Bimtek ini sangat penting diikuti oleh para guru di Banyumas. Saya berharap peserta paham tata cara merawat jenazah, sehingga nantinya dapat juga berbagi pemahaman dengan masyarakat sekitar tempat tinggal,” ungkap Sarno.

K.H. Irkami mengapresiasi kegiatan Bimtek Pemulasaran Jenazah yang diselenggarakan PGRI Kabupaten Banyumas. Ia berharap pengetahuan yang diperoleh para peserta dapat pula dibagikan kepada rekan guru serta warga masyarakat di daerah masing-masing.

“Besar harapan para peserta dapat menguasai pengetahuan pemulasaraan jenazah dengan baik, sesuai dengan syariat Islam. Dengan Bimtek ini, semoga para peserta bisa membagikan pengetahuan yang diperoleh hari ini kepada rekan guru dan masyarakat di daerahnya masing-masing,” ungkap K.H. Irkhami.

Menurut H. Sutrisno, S.Pd., Ketua Bidang Pembinaan Kerohanian dan Karakter Bangsa PGRI Kabupaten Banyumas, 54 peserta yang hadir merupakan utusan sekbid kerohanian dari masing-masing PGRI Cabang se-Kabupaten Banyumas yang terdiri dari 2 orang, satu putra dan satu putri. Ia menuturkan, narasumber Bimtek yakni K.H. Irkhami Pengasuh Pondok Pesantren Al Makmur Sokaraja yang juga merupakan Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Banyumas.

Baca Juga :  Kemenag Tingkatkan Kualitas Penilaian Buku Pendidikan Agama

“Narasumber kegiatan ini yakni K.H. Irkami. Beliau merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al Makmur Sokaraja 54 peserta yang hadir merupakan 2 orang utusan dari Sekbid Kerohanian masing-masing PGRI Cabang se- Kabupaten Banyumas,” ujar H. Sutrisno.

(Sugito / Yusep Kurniawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *